Bermodal Ikatan Cinta, PM Inggris Coba Perbaiki Hubungan dengan Prancis

Senin, 20 September 2021 - 16:10 WIB
loading...
Bermodal Ikatan Cinta, PM Inggris Coba Perbaiki Hubungan dengan Prancis
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mencoba memperhalus hubungan dengan Prancis dengan cinta tak terhapuskan. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mencoba memperhalus hubungan dengan Prancis dengan cinta tak terhapuskan. Hubungan Inggris dan Prancis memburuk, yang dipicu kesepakatan kapal selam.

Amerika Serikat (AS) dan Inggris akan membantu Australia membangun kapal selam nuklir, berdasarkan pakta pertahanan baru. Ini menyebabkan Melbourne membatalkan kontrak dengan Prancis untuk membangun 12 kapal selam diesel-listrik konvensional senilai hampir USD 100 juta.

Keputusan pembatalan itu membuat marah Prancis. Di mana, Paris menuduh AS bermuka dua dan Australia telah berkhianat, dan menyatakan bahwa krisis melanda jantung aliansi Barat.
Johnson yang berbicara jelang keberangkatan ke New York untuk menghadiri Sidang Majelis Umum PBB, mengatakan, dia sangat bangga dengan hubungan antara Inggris dan Prancis. Dia menuturkan, kuatnya hubungan itu didasari oleh rasa cinta dan kekaguman tak terhapuskan Inggris terhadap Prancis.

"Kami sangat, sangat bangga dengan hubungan kami dengan Prancis dan itu sangat penting bagi negara ini,” ucap Johnson, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (20/9/2021).

“Ini adalah hubungan yang sangat bersahabat, yang telah berlangsung satu abad atau lebih dan sangat penting bagi kami. Ini adalah sesuatu yang sangat, sangat dalam. Kecintaan kami pada Prancis, kekaguman kami pada Prancis tidak dapat dihapuskan," sambungnya.

Dia juga menyoroti bahwa Inggris dan Prancis sedang mengerjakan operasi militer bersama di Mali dan negara-negara Baltik, dan kedua negara juga bekerja sama dalam program simulasi uji coba nuklir.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)