Bos MI5: 31 Rencana Teror Tahap Akhir Digagalkan dalam 4 Tahun di Inggris

Sabtu, 11 September 2021 - 05:01 WIB
loading...
Bos MI5: 31 Rencana Teror Tahap Akhir Digagalkan dalam 4 Tahun di Inggris
Direktur Jenderal MI5 Ken McCallum. Foto/BBC
A A A
LONDON - Sebanyak 31 rencana (plot) teror tahap akhir telah digagalkan di Inggris dalam empat tahun terakhir. Informasi itu diungkapkan Direktur Jenderal MI5 Ken McCallum.

Ken McCallum yang mengungkapkan pada Oktober, ada 27 serangan yang digagalkan sejak 2017. Adapun enam rencana teror digagalkan selama pandemi.

Dia mengatakan semua rencana itu sebagian besar adalah plot kelompok Islam, tetapi "jumlah yang terus bertambah" direncanakan oleh teroris sayap kanan.



Dia juga memperingatkan jatuhnya Afghanistan ke tangan Taliban kemungkinan besar akan "memperkuat" para teroris di Inggris.



Dia memperingatkan, ancaman teror tidak akan berubah dalam semalam tetapi mungkin ada "dorongan moral" bagi para ekstremis. "Ancaman teroris ke Inggris, saya minta maaf untuk mengatakan, adalah hal yang nyata dan abadi," tutur dia.



"Tentu saja ada kemungkinan serangan teroris di tanah Inggris dalam pengawasan saya," ujar dia, mengatakan MI5 bekerja sekeras mungkin untuk menghentikan rencana itu terjadi, tetapi dia memperingatkan, "Yang membuat kami ngeri, kami tahu itu tidak akan mungkin terjadi pada setiap kesempatan serangan."

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)