Diawasi Kim Jong-un, Parade Militer Korut Pakai Jas Hazmat dan Tanpa Senjata Nuklir

Kamis, 09 September 2021 - 14:57 WIB
loading...
A A A
“Parade tampaknya dirancang secara ketat sebagai festival domestik yang bertujuan untuk mempromosikan persatuan nasional dan solidaritas rezim,” kata Yang.

“Tidak ada senjata nuklir dan Kim tidak memberikan pesan saat berada di sana, yang dapat dimaksudkan untuk menjaga acara tetap rendah dan meninggalkan ruang untuk manuver untuk pembicaraan masa depan dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan.”



Di tengah kebuntuan dalam diplomasi dengan AS, Kim Jong-un dan saudara perempuannya yang kuat, Kim Yo-jong, telah menekankan bahwa Korea Utara akan meningkatkan kemampuan pencegahan dan serangan pendahuluan nuklirnya sambil menuntut agar Washington meninggalkan kebijakan "bermusuhan"—sebuah referensi untuk kebijakan AS dalam mempertahankan sanksinya dan menolak untuk menerima Korea Utara sebagai kekuatan nuklir.

Para ahli mengatakan Kim Jong-un mungkin menghadapi momen terberatnya ketika dia mendekati satu dekade pemerintahan, dengan Korea Utara mempertahankan penguncian perbatasan tanpa batas waktu untuk mencegah virus corona dan tidak ada akhir yang terlihat dari sanksi internasional.

Bulan lalu, Kim Yo-jong memarahi AS dan Korea Selatan karena melanjutkan latihan militer gabungan mereka, yang katanya adalah "ekspresi paling jelas dari kebijakan bermusuhan AS".

Dia dan pejabat senior Korea Utara lainnya mengancam tindakan balasan yang tidak ditentukan yang akan membuat sekutu menghadapi “krisis keamanan”.

Sebaliknya, pihak sekutu mengatakan latihan itu bersifat defensif, tetapi mereka telah membatalkan atau menguranginya dalam beberapa tahun terakhir untuk menciptakan ruang bagi diplomasi atau sebagai respons terhadap COVID-19.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)