Raisi: Iran Siap untuk Lanjutkan Pembicaraan Nuklir, Tapi Tidak di Bawah Tekanan Barat

Minggu, 05 September 2021 - 15:26 WIB
loading...
Raisi: Iran Siap untuk Lanjutkan Pembicaraan Nuklir, Tapi Tidak di Bawah Tekanan Barat
Raisi mengatakan bahwa Teheran siap untuk melanjutkan pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir, tetapi tidak di bawah tekanan Barat. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Ebrahim Raisi mengatakan bahwa Teheran siap untuk melanjutkan pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir, tetapi tidak di bawah tekanan Barat. Pembicaraan tidak langsung yang berlangsung di Wina, Austria itu saat ini sedang dalam status “ditangguhkan”.

Raisi juga menggarisbawahi bahwa Teheran sedang mencoba melakukan negosiasi yang pada akhirnya akan mengarah pada pelonggaran sanksi Amerika Serikat (AS).

“Saya menyatakan sebelumnya bahwa masalah pembicaraan, tentu saja, akan menjadi pusat bagi pemerintah kita, tetapi tidak dengan tekanan yang mereka (Barat) terapkan (melawan Iran). Pembicaraan tidak akan berhasil jika mereka terus di bawah tekanan,” kata Raisi.

"Pembicaraan ada dalam agenda. Kami mencari negosiasi yang berorientasi pada tujuan, sehingga sanksi terhadap rakyat Iran dicabut,” sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (5/9/2021).

Bulan lalu, Prancis, Jerman, dan Inggris menyatakan "keprihatinan besar" atas penilaian pengawas nuklir PBB yang menunjukkan Iran telah memproduksi logam uranium yang diperkaya dengan kemurnian fisil 20 persen untuk pertama kalinya, dan meningkatkan kapasitas pengayaan uraniumnya menjadi 60 persen.

Tindakan-tindakan ini, menurut klaim negara-negara tersebut, merupakan pelanggaran serius terhadap komitmen Iran di bawah kesepakatan nuklir 2015, yang membatasi kemurnian pemurnian uranium Teheran menjadi 3,67 persen.

Selanjutnya, kekuatan Eropa menghukum Iran karena membatasi akses Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dengan menarik diri dari perjanjian pemantauan nuklir.

Pada gilirannya, Iran bersikeras bahwa program nuklirnya damai, bahwa mereka telah memberi tahu IAEA tentang operasinya dan bahwa setiap langkah menjauh dari perjanjian 2015 akan dibatalkan jika AS kembali ke perjanjian, dan mencabut sanksi.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)