Prancis dan Inggris Akan Usulkan Zona Aman Kabul

Minggu, 29 Agustus 2021 - 10:15 WIB
loading...
Prancis dan Inggris Akan Usulkan Zona Aman Kabul
Presiden Prancis Emmanuel Macron. Foto/Algulf
A A A
PARIS - Prancis dan Inggris akan mengajukan resolusi pada pertemuan darurat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin besok tentang Afghanistan . Kedua negara Eropa itu akan mengusulkan zona aman di Kabul untuk mencoba dan melindungi orang-orang yang mencoba meninggalkan negara itu.

"Proposal resolusi kami bertujuan untuk menentukan zona aman di Kabul, di bawah kendali PBB, yang akan memungkinkan operasi kemanusiaan berlanjut," kata Presiden Prancis Emmanuel Macron kepada surat kabar Prancis Le Journal du Dimanche (JDD) dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Minggu (29/8/2021) yang dinukil Reuters.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengadakan pertemuan di Afghanistan dengan utusan PBB untuk Inggris, Prancis, Amerika Serikat (AS), China dan Rusia. Negara-negara itu adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto.



Sebelumnya pada hari Sabtu, Macron mengatakan, Prancis mengadakan diskusi awal dengan Taliban tentang situasi kemanusiaan di Afghanistan dan kemungkinan evakuasi lebih banyak orang dari negara itu.

Pasukan militer AS, yang telah menjaga bandara di Kabul, akan ditarik pada Selasa sesuai batas waktu yang ditetapkan oleh Presiden Joe Biden. Prancis termasuk di antara negara-negara yang juga telah mengakhiri evakuasi dari bandara Kabul.

Taliban telah memperingatkan bahwa negara AS dan sekutunya untuk mematuhi tenggat waktu untuk menarik diri minggu depan atau akan ada konsekuensi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)