Taliban Tunjuk Mantan Tahanan AS di Guantanamo Jadi Pelaksana Menteri Pertahanan

Kamis, 26 Agustus 2021 - 00:29 WIB
loading...
Taliban Tunjuk Mantan Tahanan AS di Guantanamo Jadi Pelaksana Menteri Pertahanan
Mullah Abdul Qayyum Zakir ditunjuk sebagai pelaksana menteri pertahanan oleh Taliban Afghanistan. Foto/twitter
A A A
KABUL - Gerakan Taliban telah menunjuk mantan tahanan Amerika Serikat (AS) di Teluk Guantanamo, Mullah Abdul Qayyum Zakir, sebagai pelaksana menteri pertahanan.

Zakir yang lahir pada 1973 itu ditangkap pasukan AS setelah invasi mereka ke Afghanistan pada 2001.

Setelah dibebaskan dari Guantanamo, Zakir telah mengarahkan operasi militer di Provinsi Helmand, utara Afghanistan, sebelum menduduki posisi komandan militer umum Taliban.



Para politisi Taliban dan Afghanistan baru-baru ini memulai konsultasi tentang pemerintahan Afghanistan yang baru, setelah gerakan itu menguasai negara itu.



Orang kedua dalam gerakan Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, tiba di Kabul Sabtu lalu untuk mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin gerakan dan politisi lain tentang pembentukan pemerintahan baru.



Seorang juru bicara Taliban mengatakan gerakan itu bertujuan mengumumkan kerangka pemerintahan baru untuk Afghanistan dalam beberapa pekan ke depan.

Sejumlah negara telah mengungkapkan sikapnya terhadap pemerintahan baru Afghanistan yang dipimpin Taliban. Ada beberapa negara yang dengan tegas menolak rezim Taliban.

Meski demikian, sejumlah negara mau tak mau harus mengakui pemerintahan baru Taliban untuk menjaga stabilitas di kawasan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)