Erdogan: Turki Tidak Bisa Tanggung Beban Pengungsi Afghanistan untuk UE

Senin, 23 Agustus 2021 - 15:48 WIB
loading...
Erdogan: Turki Tidak Bisa Tanggung Beban Pengungsi Afghanistan untuk UE
Presiden Turki, Tayyip Erdogan mengatakan, Turki tidak bisa menanggung bebas pengungsi Afghanistan untuk Uni Eropa (UE). Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Turki, Tayyip Erdogan mengatakan, Turki tidak bisa menanggung bebas pengungsi Afghanistan untuk Uni Eropa (UE) . Hal itu disampaikan Erdogan saat melakukan pembicaraan dengan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel.

Dalam pembicaraan melalui sambungan telepon itu, Erdogan mengatakan ada permintaan untuk menerima warga Afghanistan yang bekerja untuk misi UE di Afghanistan. Dia mempertanyakan mengapa harus Turkiyang membuka pintu kepada para pengungsi itu dan bukan negara-negara UE.

"Kami telah menerima permintaan untuk menerima staf lokal dari misi UE di Afghanistan," kata Erdogan dalam pembicaraan tersebut, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (23/8/2021).

"Negara-negara anggota tidak membuka pintu mereka, bahkan untuk sebagian kecil dari orang-orang yang melayani mereka dan yang berada dalam kesulitan. Anda tidak bisa mengharapkan Turki untuk mengambil tanggung jawab negara ketiga,” sambungnya.

Erdogan menegaskan bahwa Turki saat ini telah menampung sekitar lima juta pengungsi dan tidak dapat mendukung beban migrasi tambahan.

Michel melalui akun Twitternya mengakui bahwa dia telah membahas situasi yang sedang berlangsung di Afghanistan dengan Erdogan, menggambarkannya sebagai tantangan bersama bagi Turki dan UE.

Pekan lalu, Erdogan mengatakan UE belum menghormati kesepakatan 2016 yang bertujuan menghentikan aliran migran ke Eropa. Dia mengatakan "tidak realistis" bagi UE untuk mengharapkan Turki menerima lebih banyak migran selama kesepakatan 2016 belum sepenuhnya dilaksanakan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3241 seconds (0.1#10.140)