RI Turut Evakuasi Warga Afghanistan yang Bekerja di KBRI KABUL

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 19:45 WIB
loading...
RI Turut Evakuasi Warga Afghanistan yang Bekerja di KBRI KABUL
Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyebut pesawat TNI AU yang berhasil mengevakuasi 26 WNI dari Kabul Afghanistan akan tiba di Tanah Air pada esok hari, Sabtu (21/8/2021). Foto/Dispenau
A A A
JAKARTA - Indonesia turut mengevakuasi warga negara Afghanistan yang bekerja di Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Kabul. Para warga Afghanistan itu bekerja sebagai staf lokal.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan bahwa total ada 31 orang yang dievakuasi dengan menggunakan pesawat milik Angkatan Udara (AU) tersebut. Di mana, 26 diantaranya adalah warga negara Indonesia (WNI).

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” ucap Retno melalui akun Twitternya.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, lima warga negara Filipina dan dua warga negara Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI),” sambungnya, seperti dikutip Sindonews pada Jumat (20/8/2021).

Pesawat TNI AU tersebut dijadwalkan akan tiba di tanah air pada Sabtu (21/8/2021) dini hari mendatang.

Indonesia menjadi negara terbaru yang melakukan evakuasi warga negara Afghanistan yang bekerja untuk mereka. Sebelumnya, sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat (AS) juga melakukan hal yang sama.

AS dan beberapa negara Eropa turut membawa keluar warga Afghanistan yang bekerja atau pernah bekerja sebagai penerjemah mereka di negara tersebut. Selain itu, mereka juga mengevakuasi warga Afghanistan yang bekerja atau pernah bekerja di badan, organisasi, atau media yang berbasis Eropa dan AS.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)