Lockdown Nasional Picu Aksi Demonstrasi di Selandia Baru

Rabu, 18 Agustus 2021 - 20:10 WIB
loading...
Lockdown Nasional Picu Aksi Demonstrasi di Selandia Baru
Sejumlah warga Selandia Baru melakukan demonstrasi memprotes pemberlakukan penguncian (lockdown) nasional. Foto/Ilustrasi
A A A
WELLINGTON - Sekelompok kecil pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Auckland, Selandia Baru berkumpul di luar kantorberita TVNZ. Para demonstran mengecam penguncian (lockdown) baru, pada satu titik terlihat meneriaki petugas polisi pada Rabu (18/8/2021).

Aksi protes juga meletus di Nelson dan Tauranga, dengan beberapa penangkapan dilakukan sepanjang hari, menurut polisi. Di antara mereka yang ditangkap adalah Billy Te Kahika, seorang aktivis anti-lockdown yang vokal dan pendiri Partai Publik, yang memimpin protes Auckland.



Setidaknya tujuh kasus virus Corona baru telah terdeteksi dalam wabah pertama COVID-19 di Selandia Baru sejak musim dingin lalu. Selandia Baru akan melanjutkan penguncian nasional yang diberlakukan setelah satu infeksi COVID-19 ditemukan di pulau itu.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan jumlah kasus infeksi COVID-19 telah bertambah menjadi tujuh. Jumlah ini naik satu kasus dari sehari sebelumnya.

Ardern mengatakan bahwa wabah baru itu kemungkinan diimpor dari negara bagian New South Wales di Australia, yang saat ini menghadapi lonjakan sendiri dalam kasus dan kematian.



“Kasus kami berasal dari Australia. Tugas kita sekarang adalah bekerja melalui bagaimana dan kapan itu sampai di sini. Ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membantu menyatukan teka-teki ini,” kata Ardern seperti dikutip dari Russia Today.

Ia menambahkan bahwa tes telah mengkonfirmasi bahwa infeksi asli melibatkan varian Delta yang lebih menular.

Ardern juga mengatakan dia memperkirakan jumlah kasus akan bertambah, dengan Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru Ashley Bloomfield menunjuk pada model yang menunjukkan kluster baru dapat mencapai antara 50 dan 120 infeksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)