Perang AS di Afghanistan Belum Berakhir, Diubah Jadi Perang Drone ala Somalia

Rabu, 18 Agustus 2021 - 09:55 WIB
loading...
Perang AS di Afghanistan Belum Berakhir, Diubah Jadi Perang Drone ala Somalia
Drone militer Amerika Serikat meluncurkan sejumlah rudal mematikan. Foto/us military
A A A
WASHINGTON - Presiden Pakistan Imran Khan secara blak-blakan menolak permintaan CIA menggunakan negaranya untuk operasi masa depan melintasi perbatasan Afghanistan setelah penarikan pasukan Amerika Serikat (AS).

Penolakan Pakistan membuat AS hanya punya beberapa pilihan untuk menempatkan drone tempur atau aset udara lainnya setelah pangkalannya di Afghanistan diserahkan.

AS berencana melanjutkan operasi militer di Afghanistan setelah penarikan terakhir pada 31 Agustus 2021.



Langkah itu diungkapkan Presiden AS Joe Biden dalam pidatonya pada Senin setelah Kabul direbut Taliban selama akhir pekan.



Dalam pidato yang disiarkan televisi saat Biden membela langkahnya terhadap penarikan pasukan yang dinegosiasikan dengan Taliban oleh pendahulunya, Donald Trump, Biden mengatakan dia selalu percaya misi AS “harus difokuskan secara sempit pada kontraterorisme, bukan kontra-pemberontakan atau pembangunan bangsa.”



Menurut Biden, AS tidak menyerah pada misi utama itu dalam menarik sekitar 12.000 tentaranya dari Afghanistan.

“Hari ini ancaman teroris telah menyebar jauh di luar Afghanistan: al-Shabaab di Somalia, al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQQP), al-Nusra di Suriah, ISIS (Daesh) berusaha menciptakan kekhalifahan di Suriah dan Irak serta membangun afiliasi di beberapa negara di Afrika dan Asia,” ujar Biden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)