Ucapkan Selamat HUT RI, Menlu AS Sebut Indonesia Pemimpin Penting di Kawasan

Selasa, 17 Agustus 2021 - 14:48 WIB
loading...
Ucapkan Selamat HUT RI, Menlu AS Sebut Indonesia Pemimpin Penting di Kawasan
Menteri Luar Negeri AS, Antony J. Blinken, memberikan ucapan selamat hari kemerdekaan kepada pemerintah Indonesia. Foto/ru.usembassy.gov
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) melalui Menteri Luar Negerinya, Antony J. Blinken , memberikan ucapan selamat hari ulang tahun kemerdekaan ke-76 kepada pemerintah Indonesia yang jatuh pada hari ini, Selasa (17/8/2021).

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia pada kesempatan hari ulang tahun kemerdekaan tanggal 17 Agustus," kata Blinken dalam pernyataan persnya yang diterima Sindonews dari Kedutaan Besar AS di Jakarta Sindonews.

Dalam pernyataannya, Blinken menyatakan, Amerika Serikat menilai Indonesia sebagai pemimpin demokratis yang penting di kawasan dan sebagai suara yang berpengaruh terkait prioritas-prioritas global.

"Kami terus menegaskan dan meneguhkan kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia, terutama saat kita bekerja sama untuk mengatasi pandemi COVID-19 serta mendorong Indo-Pasifik yang lebih damai, stabil, sejahtera, dan sehat," katanya.

"Amerika Serikat bangga akan ikatan bersejarah kedua negara kita. Kami menyampaikan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun kemerdekaan dengan suka cita," demikian pernyataan Blinken.



Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden juga telah memberikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Atas nama AS, saya mengucapkan salam hangat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus,” ucap Biden.

Dalam ucapan selamatnya, Biden mengatakan AS sangat menghargai kepemimpinan demokratis Indonesia di kawasan Indo-Pasifik. Ia mengatakan bahwa kemitraan strategis yang erat di antara kedua negara kini semakin penting dibanding sebelumnya.

“Kami menantikan untuk bekerja sama guna mempererat hubungan ekonomi dan hubungan antar rakyat kedua negara kita,” ujar Biden.

“Melawan pandemi COVID-19 dan mendorong pemulihan hijau atau "green recovery", serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas di seluruh Indo-Pasifik dan kawasan-kawasan lainnya,” tukasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)