Rusia Sebut Direbutnya Afghanistan oleh Taliban Adalah Kegagalan AS

Senin, 16 Agustus 2021 - 21:03 WIB
loading...
Rusia Sebut Direbutnya Afghanistan oleh Taliban Adalah Kegagalan AS
Rusia mengatakan bahwa direbutnya Afghanistan oleh Taliban adalah kegagalan Amerika Serikat (AS). Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia mengatakan bahwa direbutnya Afghanistan oleh Taliban adalah kegagalan Amerika Serikat (AS). Rusia menyebut direbutnya Afghanistan tidak boleh dianggap sebagai transisi.

"Saya pikir penulis cerita semacam itu mencoba dalam beberapa cara untuk membenarkan kegagalan Amerika di Afghanistan dan untuk mengklaim ini semua adalah tindakan yang direncanakan,” ucap Utusan Khusus Presiden Rusia untuk Afghanistan Zamir Kabulov.

Dia mencatat bahwa berhasil direbutnya Kabul oleh Taliban adalah hal yang tidak terduga. Rusia dan negara-negara lain, jelasnya, melebih-lebihkan kemampuan Angkatan Bersenjata Afghanistan.

"Itu mengejutkan sampai batas tertentu, karena kami dipandu oleh pemahaman bahwa tentara Afghanistan, apa pun itu, masih akan melawan untuk beberapa waktu,” ujarnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (16/8/2021).

Kabulov menekankan bahwa Moskow tidak akan membuat keputusan tergesa-gesa mengenai pengakuan pemerintah Afghanistan yang baru.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa penghapusan Taliban dari daftar organisasi teroris tidak mungkin dilakukan pada tahap ini.Kementerian itu mengatakan, terserah kepada Dewan Keamanan PBB untuk meluncurkan prosedur yang relevan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)