Waswas Diserang Musuh, Iran Siagakan Sistem Rudalnya

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 08:38 WIB
loading...
Waswas Diserang Musuh, Iran Siagakan Sistem Rudalnya
Sistem pertahanan rudal Khordad-3 yang pernah tembak jatuh drone RQ-4A Global Hawk AS pada 2019. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran menyiagakan sistem pertahanan rudalnya di tengah kekhawatiran adanya serangan musuh. Langkah ini diambil di saat ketegangan di Teluk memanas.

Komandan Pasukan Pertahanan Udara Brigadir Jenderal Alireza Sabahifard mengatakan pasukan pertahanan udaranya sedang “mengawasi” wilayah udara Iran dan tidak akan membiarkan agresi udara musuh terjadi.



“Dengan intelijen, kewaspadaan, dan pengawasan yang cermat, unit pertahanan udara di bagian paling tenggara negara ini tidak akan membiarkan agresi apa pun dari pihak luar,” kata Sabahifard saat berbicara di pusat pertahanan udara di kota pelabuhan Chabahar, seperti dikutip Sputniknews, Kamis (12/8/2021).

Dia menekankan bahwa Samudra Hindia bagian utara dan wilayah strategis Iran tenggara "sepenuhnya tertutup" oleh payung pertahanan udara komandonya dan menikmati keamanan penuh.

Sabahifard menunjuk pentingnya, secara khusus, kelompok pertahanan udara Chabahar, yang misinya mencakup pemantauan dan melindungi langit suatu daerah di atas Selat Hormuz dan Teluk Persia di barat dan Samudra Hindia serta Asia Timur di timur.

“Segala macam sistem intersepsi elektronik, radar, dan rudal yang sepenuhnya asli [buatan dalam negeri]...ditempatkan di area ini dan musuh tahu bahwa kami sangat dekat dengan mereka di wilayah tersebut dan bahkan memantau saat mereka bernafas,” ujarnya.

Sabahifard menekankan bahwa Iran memiliki sarana untuk mendeteksi, mengamati, dan memantau setiap objek terbang dari setiap penampang radar, serta "sistem dan senjata yang kuat" untuk digunakan melawan mereka jika terjadi agresi musuh.

"Demi otoritas dan martabat kami, kami tidak akan membiarkan kesalahan apa pun oleh musuh,” tegasnya, seraya menambahkan bahwa penggunaan sistem pertahanan udara yang dikembangkan sepenuhnya secara lokal dan personel terlatih di semua tingkatan berfungsi untuk membangun kepercayaan pada jaringan pertahanan udara terintegrasi Iran.

Iran telah memompa sumber daya besar ke dalam penciptaan jaringan pertahanan udara berlapis-lapis, yang dirancang untuk bertahan melawan beberapa musuh potensial yang diperlengkapi senjata terbaik di dunia, termasuk Amerika Serikat, proksi regionalnya di Teluk, dan Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)