Tensi Memanas, Menhan Israel Nyatakan Siap Serang Iran

loading...
Tensi Memanas, Menhan Israel Nyatakan Siap Serang Iran
Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz memperingatkan bahwa negaranya siap untuk menyerang Iran. Foto/Ilustrasi
TEL AVIV - Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz memperingatkan bahwa negaranya siap untuk menyerang Iran. Ancaman itu dikeluarkan setelah serangan pesawat tak berawak terhadap sebuah kapal tanker minyak Israel di lepas pantai Oman yang disalahkan pada Iran.

Berbicara kepada situs berita Ynet, Gantz menanggapi apakah Israel siap untuk menyerang Iran dengan jawaban "ya" yang blak-blakan.

“Kami berada pada titik di mana kami perlu mengambil tindakan militer terhadap Iran,” kata Gantz.

“Dunia perlu mengambil tindakan terhadap Iran sekarang,” imbuhnya seperti dikutip dari Arab News, Kamis (5/8/2021).



Baca juga: Israel Ancam Serang Iran Sendirian

Komentar Benny Gantz datang ketika Israel melobi negara lain untuk bertindak di PBB atas serangan kapal tanker minyak Mercer Street yang menewaskan dua orang pekan lalu. Kapal tanker itu, yang dihantam lepas pantai Oman di Laut Arab, dikelola oleh sebuah perusahaan milik seorang miliarder Israel.

Amerika Serikat (AS) dan Inggris sama-sama menyalahkan Iran atas serangan itu, tetapi tidak ada negara yang memberikan bukti atau laporan intelijen untuk mendukung klaim mereka. Iran, yang bersama dengan sekutu milisi regionalnya telah meluncurkan serangan pesawat tak berawak serupa, telah membantah terlibat.

Iran tidak segera menanggapi komentar Gantz. Namun, dalam sebuah surat kepada Dewan Keamanan PBB, kuasa usaha di New York menggambarkan Israel sebagai sumber utama ketidakstabilan serta ketidakamanan di Timur Tengah dan sekitarnya selama lebih dari tujuh dekade.

“Rezim ini memiliki catatan kelam yang panjang dalam menyerang navigasi komersial dan kapal sipil,” tulis Zahra Ershadi.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top