India Luncurkan Kapal Induk Pertama Buatan Lokal, Janjikan Lebih Banyak Lagi

Kamis, 05 Agustus 2021 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Kapal itu pada akhirnya akan diberi nama INS Vikrant, yang berarti “melangkah melampaui”, setelah resmi ditugaskan, menggantikan pendahulunya.

Menteri Pertahanan (Menhan) India Rajnath Singh mengatakan, “Pelayaran perdana kapal perang berbobot 40.000 ton itu adalah kesaksian nyata atas komitmen teguh kami untuk #Atmanirbharta dalam Pertahanan.”

Dia melabelinya sebagai, “Momen yang membanggakan bagi India.”

Dia menambahkan, “Realisasi tonggak bersejarah ini, terlepas dari Covid, menunjukkan dedikasi dan komitmen sejati dari semua pemangku kepentingan.”

“IAC-1 akan menampung berbagai pesawat sayap tetap dan putar, termasuk pesawat tempur MiG-29K dan Helikopter Peringatan Dini Udara Kamov-31,” papar pernyataan Angkatan Laut India.

Media India mengutip rencana menugaskan kapal perang itu pada 2022, ketika kapal itu akan menjadi kapal induk kedua di armada negara itu.

Satu-satunya kapal induk yang saat ini digunakan India adalah INS Vikramaditya buatan Rusia.

India telah mendorong kemandirian di beberapa industri selama bertahun-tahun, dengan pertahanan menjadi sektor utama.

Pemerintah juga telah mendorong rencana kemandirian di bidang medis selama pandemi Covid-19. Ungkapan Hindi yang banyak digunakan adalah “Atmanirbhar Bharat” yang secara kasar diterjemahkan sebagai “India yang mandiri”.

Dalam beberapa tahun terakhir, India telah meluncurkan lebih banyak peralatan pertahanan. India juga sering menggembar-gemborkan prestasi mereka di media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2505 seconds (0.1#10.140)