Meninggal, Pemuda 20 Tahun Jadi Korban COVID-19 Termuda di Australia

Rabu, 04 Agustus 2021 - 15:28 WIB
loading...
Meninggal, Pemuda 20 Tahun Jadi Korban COVID-19 Termuda di Australia
Meninggal akibat COVID-19, pemuda 20 tahun jadi korban termuda di Australia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
SYDNEY - Negara bagian Australia , New South Wales (NSW), melaporkan salah satu kematian termuda akibat COVID-19 di negara itu pada Rabu (4/8/2021). Laporan itu muncul ketika infeksi harian bertahan di dekat level tertinggi selama 16 bulan meskipun penguncian terhadap 5 juta orang di Sydney memasuki minggu keenam.

Pihak berwenang setempat mengatakan pria berusia 20-an tahun yang tidak disebutkan namanya itu dan tidak memiliki masalah kesehatan bawaan serta tidak divaksinasi meninggal di rumahnya di kota.

"Dia memburuk dengan cepat setelah sebelumnya mengeluh hanya gejala ringan," tambah mereka seperti dikutip dari Reuters.

Pria itu tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin Pfizer, karena Australia membatasi jenis itu untuk orang berusia di atas 40 tahun di tengah persediaan yang terbatas, sementara Canberra baru-baru ini memberi tahu orang-orang untuk menggunakan vaksin AstraZeneca saat kasus membengkak, setelah sebelumnya membatasinya pada orang di atas 60 tahun.

Kematian tersebut menyoroti risiko yang dihadapi kota terbesar di Australia, yang sedang berjuang untuk menahan wabah varian Delta yang sangat menular ketika kurang dari 20% penduduk Sydney divaksinasi.

Tahun lalu, negara bagian tetangga Victoria mengatakan seorang pria yang tidak disebutkan namanya juga berusia 20-an tahun telah meninggal karena COVID-19, meskipun seorang koroner masih menyelidiki penyebab pasti kematiannya.

Tidak jelas apakah pria Sydney itu tertular varian virus corona Delta tetapi sebagian besar kasus terbaru di New South Wales adalah tipe tersebut. Data awal menunjukkan Delta lebih menular dan kemungkinan menyebabkan efek yang lebih parah daripada varian virus Corona sebelumnya, meskipun para ahli lain memperingatkan lebih banyak temuan diperlukan.

Pemuda itu adalah satu dari dua kematian akibat COVID-19 yang dilaporkan di New South Wales dalam 24 jam terakhir. New South Wales juga mencatat 233 kasus baru, mendekati level tertinggi 16 bulan yang dilaporkan minggu lalu, dan Perdana Menteri Negara Bagian Gladys Berejiklian mengatakan jumlah kasus kemungkinan akan bertambah.

"Saya tidak akan mengesampingkan jumlah kasus tidak akan bertambah buruk, saya benar-benar berpikir mereka akan bertambah buruk," kata Berejiklian kepada wartawan di Sydney, ibu kota New South Wales.

"Jika Anda melihat jumlah orang yang menular di masyarakat, itu menunjukkan bahwa mungkin kita belum mencapai puncaknya," imbuhnya.

Setidaknya 68 dari 233 kasus baru tidak diisolasi untuk seluruh periode infeksi mereka.

Berejiklian berada di bawah tekanan kuat untuk melonggarkan pembatasan pergerakan yang mengancam akan mendorong Australia ke dalam resesi kedua dalam beberapa tahun. Namun, dia mengatakan setidaknya 50% dari populasi negara bagian perlu divaksinasi agar pembatasan dilonggarkan pada akhir Agustus.



Namun, banyak yang tetap waspada terhadap penggunaan vaksin AstraZeneca, yang paling banyak dari dua vaksin yang disetujui di negara ini, karena masalah pembekuan darah yang langka.

Selain itu, pemodelan pemerintah yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan setidaknya 70% dari populasi negara bagian perlu diinokulasi untuk memperlambat penyebaran.

Pemodelan tersebut juga menunjukkan Australia harus mengintensifkan vaksinasi orang muda, yang cenderung menyebarkan virus lebih sering tetapi tidak dapat mengamankan vaksin Pfizer.

Pihak berwenang telah memperingatkan orang-orang untuk tidak menunggu peningkatan pasokan Pfizer yang diharapkan bulan depan karena jumlah kasus terbukti sulit untuk dikurangi dan tes limbah menunjukkan bahwa virus Corona mungkin telah menyebar ke utara.

New South Wales telah mengambil tindakan pencegahan agresif untuk menghentikan penyebaran virus Corona, termasuk menutup pinggiran kota yang berisiko tinggi dan meminta militer untuk membantu polisi menegakkan aturan penguncian.

Sebanyak 17 orang telah meninggal di Sydney selama wabah saat ini yang dimulai pada 16 Juni. Selama waktu itu, lonjakan telah mendorong total kasus di New South Wales menjadi lebih dari 4.000.

Secara nasional, Australia telah mencatat 927 kematian sejak awal pandemi, dengan lebih dari 35.000 kasus dari sekitar 25 juta orang.

Queensland pada hari Rabu melaporkan 16 kasus yang didapat secara lokal, sama seperti hari sebelumnya, mendorong pihak berwenang untuk menyatakannya sebagai wabah terburuk di negara bagian itu sejak awal pandemi dan memperingatkan bahwa penguncian di ibu kota Brisbane mungkin diperpanjang melampaui hari Minggu.

"Jika kami tidak melakukan sesuatu yang sangat, sangat, sangat istimewa di Queensland, kami akan memperpanjang penguncian," kata Kepala Petugas Kesehatan Queensland Jeannette Young kepada wartawan di Brisbane.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)