Kapal Selam Nuklir Rusia Jalankan Misi 'Penetrasi ke Dalam' Misterius di Atlantik

Selasa, 03 Agustus 2021 - 16:29 WIB
loading...
A A A
“Suasana pertahanan Rusia telah mengkhawatirkan selama berbulan-bulan sekarang. Itu disorot oleh pembangunan militer baru-baru ini di dekat perbatasan Ukraina," ucap pakar militer Bruce Jones.

“Langkah terbaru ini dapat ditujukan untuk melawan NATO hanya untuk membuat negara-negara merasa gugup," imbuhnya.



“Tapi itu jelas menandai eskalasi dan sekarang mereka tampaknya mengalihkan pandangan mereka ke misi bawah permukaan,” tukasnya.

Laporan ini muncul setelah kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir Kelas Oscar-II Rusia terlihat memasuki Laut Baltik pada bulan Juli.

Dua kapal selam bertenaga nuklir lainnya juga diidentifikasi di perairan dengan satu diantaranya diduga memiliki rudal nuklir.

HI Sutton, seorang analis pertahanan mengatakan manuver itu dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan oleh pemerintah Rusia.

"Rusia telah mengirim kapal selam nuklir ke parade angkatan laut di St Petersburg selama beberapa tahun, tetapi ini adalah pertama kalinya tiga kapal selam telah dikirim," ujar kepada Daily Telegraph yang dinukil dari Express.

“Mereka adalah satu-satunya kapal selam nuklir di Baltik. Pengerahan ini bertindak sebagai unjuk kekuatan bagi audiens dalam dan luar negeri," imbuhnya.

"NATO dan negara-negara Baltik yang tidak berpihak kemungkinan akan mengawasi kapal selam ini dengan hati-hati," ucapnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)