Israel Tuding Iran Pelaku Serangan Mematikan Kapal Tanker Minyak

Sabtu, 31 Juli 2021 - 07:51 WIB
loading...
Israel Tuding Iran Pelaku Serangan Mematikan Kapal Tanker Minyak
Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapidm menuding Iran pelaku serangan mematikan terhadap kapal tanker di Teluk Oman. Foto/BBC
A A A
TEL AVIV - Israel menuduh Iran berada di balik serangan terhadap sebuah kapal tanker minyak di mana dua anggota awaknya - seorang warga negara Inggris dan seorang warga negara Rumania - tewas.

MV Mercer Street, yang dioperasikan oleh perusahaan Zodiac Maritime yang berbasis di London, berada di lepas pantai Oman di Laut Arab ketika insiden itu terjadi pada Kamis.



Perusahaan, yang dimiliki oleh raja ekspedisi Israel Eyal Ofer, mengatakan sedang bekerja untuk mengetahui apa yang telah terjadi.

Namun Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid menyalahkan "terorisme Iran" atas serangan tersebut.

"Iran bukan hanya masalah Israel," kata Lapid dalam sebuah pernyataan. "Dunia tidak boleh diam," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (31/7/2021).

Namun, rincian serangan terhadap kapal tanker berbendera Liberia milik Jepang itu masih belum jelas. Iran sendiri belum mengomentari tuduhan tersebut.

Insiden itu tampaknya merupakan eskalasi serius dalam ketegangan di wilayah tersebut, dan beberapa laporan menunjukkan bahwa sebuah drone terlibat dalam serangan tersebut.

Seorang juru bicara pemerintah Inggris mengatakan pihaknya juga berusaha untuk "segera membangun fakta" atas serangan tersebut.

"Pikiran kami bersama orang-orang terkasih dari seorang warga negara Inggris yang telah meninggal setelah insiden di sebuah kapal tanker di lepas pantai Oman," bunyi pernyataan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)