Stasiun Antariksa Internasional Bergerak Liar, Rusia Akui Software Rusak

Jum'at, 30 Juli 2021 - 19:55 WIB
loading...
Stasiun Antariksa Internasional Bergerak Liar, Rusia Akui Software Rusak
Modul Nauka buatan Rusia merapat di Stasiun Antariksa Internasional. Foto/nasa
A A A
MOSKOW - Mesin yang menyala tiba-tiba di modul laboratorium multiguna Nauka Rusia di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) akibat kerusakan perangkat lunak (software) yang dengan cepat diperbaiki.

Pernyataan itu diungkapkan kepala segmen ISS Rusia, Vladimir Solovyov, pada Jumat (30/7).

"Aspek mekanik docking dapat diandalkan, tanpa catatan apapun. Hal ini mengakibatkan penutupan kedua mekanisme docking: stasiun dan modul. Karena kegagalan software jangka pendek, perintah langsung salah dijalankan untuk menghidupkan mesin modul untuk penarikan, yang memerlukan beberapa modifikasi orientasi kompleks secara keseluruhan," papar Solovyov.



“Ini dengan cepat diperbaiki oleh mesin modul Zvezda Rusia,” ujar dia.



Dia menambahkan, "Saat ini, stasiun dalam orientasi normal, semua sistem modul laboratorium ISS dan modul multiguna beroperasi secara normal. Antarmuka perintah dan daya internal yang andal telah dibuat, serta antarmuka catu daya, yang menghubungkan modul ke stasiun," ujar Solovyov.



Modul Nauka diluncurkan ke ISS dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan dengan roket pembawa Proton-M dan berhasil merapat dengan ISS pada Kamis.

Kemudian, kosmonot Rusia melaporkan mesin Nauka tiba-tiba diaktifkan, yang menyebabkan perubahan posisi stasiun antariksa.

Mesin ISS harus dihidupkan untuk mengimbangi pengoperasian mesin Nauka.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)