PBB Minta China Bekerja Sama dengan WHO Selidiki Asal Usul COVID-19

Sabtu, 24 Juli 2021 - 02:39 WIB
loading...
PBB Minta China Bekerja Sama dengan WHO Selidiki Asal Usul COVID-19
PBB minta China bekerja sama dengan WHO selidiki asal usul COVID-19. Foto/Sputnik
A A A
NEW YORK - PBB meminta China untuk bekerja sama dengan penyelidikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang asal-usul virus COVID-19 . Pernyataan itu dikeluarkan kantor Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

"Kami memohon semua negara anggota, termasuk China, untuk bekerja sama sepenuhnya dengan Organisasi Kesehatan Dunia, dan jika Organisasi Kesehatan Dunia percaya itu memerlukan informasi lebih lanjut, kami berharap mereka semua akan bekerja sama," kata wakil juru bicara PBB Farhan Haq seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (24/7/2021).

Pernyataan itu menyusul kecaman Beijing atas rencana WHO untuk melakukan penyelidikan tahap kedua tentang asal-usul virus Corona baru . Komisi Kesehatan Nasional China mengecam kebutuhan badan kesehatan global itu untuk penyelidikan sebagai "menghina" dan menolak teori bahwa virus itu lolos dari laboratorium China, sebuah skenario yang sangat ditolak China. Kementerian Luar Negeri China juga menyatakan keprihatinan bahwa penyelidikan baru disusun dengan tujuan mengalihkan kesalahan atas pandemi ke Beijing.

"Orang tidak bisa tidak berpikir bahwa rencana ini dibuat untuk menggemakan 'teori kebocoran lab' yang diadvokasi oleh negara-negara tertentu seperti Amerika Serikat. Dan kurangnya transparansi dalam proses penyusunan juga menambah kecurigaan bahwa rencana tersebut adalah produk politik. manipulasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian.

Beijing menolak untuk bekerja dengan WHO pada penyelidikan kedua setelah terungkap bahwa prosesnya akan mencakup audit laboratorium dan lembaga penelitian yang relevan, yang beroperasi di daerah di mana kasus COVID-19 pertama yang dikonfirmasi telah terdeteksi.

Tujuan seperti itu mungkin akan menempatkan Institut Virologi Wuhan di pusat penyelidikan WHO, karena kasus pertama telah terdaftar di kota Wuhan pada Desember 2019.



Namun, otoritas China berulang kali mempertanyakan fakta ini, menunjukkan bahwa infeksi COVID-19 pertama mungkin terjadi di tempat lain di Bumi, tetapi belum diakui pada saat itu.

Ini adalah inspeksi kedua yang direncanakan WHO untuk dilakukan di China untuk menetapkan bagaimana virus Corona baru, yang awalnya hanya menginfeksi hewan, berpindah ke manusia. Misi WHO pertama memutuskan pada Maret 2021 bahwa sangat tidak mungkin virus itu buatan manusia atau lolos dari laboratorium.

Para ahli badan kesehatan global tidak dapat menentukan jalur pasti perpindahan virus dari hewan ke manusia.



AS, bagaimanapun, mengecam China karena tidak memberi para spesialis WHO akses penuh ke situs-situs yang ingin mereka kunjungi. Presiden AS Joe Biden mengungkapkan bahwa komunitas intelijen Amerika tidak memiliki pendapat tunggal tentang dari mana virus itu berasal.

Biden lantas memerintahkan mereka untuk mengemukakan pendapat yang sama, tanpa mengesampingkan kemungkinan bahwa COVID-19 secara tidak sengaja dilepaskan dari laboratorium China. Versi seperti itu sering diperdebatkan oleh mantan Presiden Donald Trump pada tahun 2020, tetapi secara luas diabaikan oleh pers dan di antara para ahli sebagai teori konspirasi yang tidak berdasar.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)