Jurnalis Peraih Pulitzer Tewas, Taliban Menyangkal Bertanggung Jawab

Sabtu, 17 Juli 2021 - 20:07 WIB
loading...
Jurnalis Peraih Pulitzer Tewas, Taliban Menyangkal Bertanggung Jawab
Jurnalis Reuters peraih Pulitzer, Danish Siddiqui, menjadi korban pertempurang sengit pasukan komando Afghanistan dengan Taliban. Foto/Independent
A A A
KABUL - Taliban membantah bertanggung jawan atas kematian jurnalis Reuters Danish Siddiqui di garis depanpertempuran dengan tentara Afghanistan . Namun, kelompok Islam itu mengatakan 'maaf' atas kematian jurnalis asal India tersebut selama bentrokan dengan pasukan Afghanistan.

Siddiqui, yang memenangkan Hadiah Pulitzer pada 2018, terkena tembakan saat melaporkan upaya Pasukan Khusus Afghanistan untuk merebut kembali penyeberangan perbatasan utama dengan Pakistan.

Menurut seorang komandan Afghanistan yang dikutip oleh Reuters, Siddiqui telah berbicara dengan penjaga toko di area pasar Spin Boldak ketika Taliban menyerang. Menteri Luar Negeri India Harsh Vardhan Shringla mengutuk pembunuhan itu.



Namun juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan kepada stasiun televisi India CNN-News18 bahwa kelompok itu tidak tahu bagaimana Siddiqui tewas.

"Kami tidak mengetahui siapa yang menembak sehingga wartawan itu tewas," katanya seperti dikutip dar Independent, Sabtu (17/7/2021).

Kelompok Islamis itu menyerahkan jenazah Siddiqui ke Komite Internasional Palang Merah pada Jumat malam.

"Kami turut berduka cita atas kematian jurnalis India Danish Siddiqui," ucap juru bicara Taliban itu.

"Kami menyesal bahwa jurnalis memasuki zona perang tanpa (memberi tahu) kami," sambungnya.

"Setiap jurnalis yang memasuki zona perang harus memberi tahu kami. Kami akan merawat individu itu dengan baik," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)