COVID-19 di Indonesia Mengkhawatirkan, Taiwan Sumbangkan Ratusan Concentrator Oksigen

Jum'at, 16 Juli 2021 - 16:25 WIB
loading...
COVID-19 di Indonesia Mengkhawatirkan, Taiwan Sumbangkan Ratusan Concentrator Oksigen
Bantuan 200 concentrator oksigen dari pemerintah Taiwan tiba di Indonesia. Foto/PT Meiloon Industrial
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Taiwan menyumbangkan 200 concentrator oksigen kepada Indonesia untuk membantu mengatasi pandemi COVID-19. Bantuan disalurkan setelah pandemi di Indonesia mulai mengkhawatirkan, di mana kasus infeksi harian telah melebihi 50.000.

Bantuan dari pemerintah Taiwan itu telah tiba di Indonesia 12 Juli lalu. Investor Taiwan di Subang, Jawa Barat, PT Meiloon Industrial juga akan menyumbangkan 110 concentrator oksigen yang rencana akan tiba di Indonesia pada 20 Juli.



PT Meiloon Industrial berharap sumbangan concentrator oksigen ini dapat memberikan manfaat dalam pencegahan pandemi di Indonesia. Meiloon menyatakan 70 dari 110 concentrator oksigen ini akan disumbangkan ke Kementerian Kesehatan Indonesia, 30 lainnya akan disumbangkan ke Pemerintah Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, dan 10 sisanya akan diberikan untuk digunakan oleh karyawan Meiloon di Kabupaten Subang.

Kepala kantor perwakilan Taiwan di Indonesia (TETO), John Chen, mengatakan bahwa Taiwan dan Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang erat. Menurutnya, pemerintah dan semua lapisan masyarakat Taiwan sangat prihatin dengan perkembangan pandemi di Indonesia.

Mengenai sumbangan concentrator oksigen dari PT Meiloon Industrial, John Chen menyatakan rasa hormat yang sebesar-besarnya dan menginstruksikan rekan-rekan TETO untuk memberikan bantuan yang diperlukan.

Wu Wei-Chung, Chairman Meiloon Industrial, secara khusus menghubungi Duta Besar (Dubes) John Chen dan mengatakan bahwa 10 concentrator oksigen yang tersisa di pabrik Meiloon di Kabupaten Subang juga bisa dipinjamkan ke pengusaha Taiwan di sekitarnya apabila dibutuhkan.

Saat ini, jumlah lonjakan kasus pasien terkonfirmasi harian di Indonesia telah berulang kali mencapai titik tertinggi. Permintaan kebutuhan berbagai sarana pencegahan pandemi dan sumber daya medis juga semakin tinggi.

“Diharapkan concentrator oksigen dan peralatan pencegahan pandemi lainnya yang disumbangkan oleh sektor publik dan swasta Taiwan dapat membantu Indonesia memerangi pandemi,” kata TETO dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.com, Jumat (16/7/2021).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)