AS Mengaku Khawatir dengan Perkembangan Situasi di Afghanistan

Senin, 12 Juli 2021 - 16:17 WIB
loading...
AS Mengaku Khawatir dengan Perkembangan Situasi di Afghanistan
Amerika Serikat (AS) mengaku sangat prihatin dengan memburuknya situasi keamanan di Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengaku sangat prihatin dengan memburuknya situasi keamanan di Afghanistan . Washington mengatakan, Taliban memanfaatkan momentum penarikan pasukan asing untuk melancarkan serangan.

Juru bicara Pentagon, John Kirby mengatakan, bahwa AS tidak "menyerah" pada negara itu. Tetapi, dia menegaskan kembali bahwa terserah kepada Afghanistan sendiri untuk membela negara mereka menggunakan kemampuan mereka.

Dia menuturkan bahwa Washington masih mencari opsi untuk menempatkan pasukan yang dapat mengatasi potensi ancaman teror yang keluar dari Afghanistan setelah selesainya penarikan pasukan AS pada Agustus.

“Kami selalu ingin menemukan opsi tambahan, itu sebabnya kami bekerja dengan negara-negara tetangga yang lebih dekat ke Afghanistan untuk melihat apa kemungkinannya," kaya Kirby.

"Dan, kami melakukannya secepat dan sekuat kami dapat menemukan opsi tambahan," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (12/7/2021).

Kirby juga meyakinkan bahwa bahkan jika AS tidak dapat menemukan pangkalan di dekat Afghanistan, Washington dapat menggunakan kemampuan "over-the-horizon" yang canggih dan kuat untuk melancarkan serangan dari jauh.

“Kami dapat melakukan itu dan kami telah membuktikan bahwa kami dapat melakukannya bahkan dalam beberapa tahun terakhir di tempat-tempat seperti Libya,” kata Kirby,

Diamerujuk pada operasi udara NATO tahun 2011 terhadap Jamahiriya Libya Sosialis pimpinan Muammar Gaddafi yang menggulingkan pemerintah Libya dan pada akhirnya membawa negara tersebut kepada perang saudara.

Dirinya juga membela keputusan pemerintahan Joe Biden untuk menindaklanjuti rencana pendahulunya untuk menarik pasukan AS keluar dari Afghanistan. Dia mengatakan pendudukan selama beberapa dekade tidak membantu AS membangun “daya ungkit” untuk pembicaraan damai.

"Argumen ini bahwa entah bagaimana jika Anda tiba-tiba memiliki semua pengaruh ini, itu belum sepenuhnya berhasil dalam lima, 10, 15 tahun terakhir," katanya. Baca juga: Analis: Setelah Tinggalkan Afghanistan, AS Lirik Asia Tengah

“Kami memiliki 100 ribu tentara di darat, jadi gagasan bahwa jika Anda memiliki sepatu bot di darat, tiba-tiba yang memberi Anda pengaruh belum menjadi catatan sejarah sejauh ini," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)