Penembak Mati Presiden Haiti Mirip Agen DEA, Ini Reaksi AS

Kamis, 08 Juli 2021 - 07:13 WIB
loading...
Penembak Mati Presiden Haiti Mirip Agen DEA, Ini Reaksi AS
Presiden Haiti Jovenel Moise ditembak mati sekelompok pria bersenjata di rumahnya pada Rabu pagi. Para penyerang beraksi seperti agen DEA Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
PORT-AU-PRINCE - Presiden Haiti Jovenel Moise ditembak mati di rumahnya oleh sekelompok pria bersenjata yang beraksi mirip agen-agen Drug and Enforcement Administration (DEA) Amerika Serikat. Washington mengatakan dugaan bahwa agen-agen DEA sebagai pelaku pembunuhan adalah salah.

Serangan mematikan itu terjadi pada Rabu pagi waktu setempat. Istri presiden ikut terluka.



Darurat militer telah diumumkan dan perbatasan negara itu, termasuk bandara internasional, telah ditutup.

Perdana Menteri (PM) sementara Haiti, Claude Joseph, mendesak penduduk negara Karibia yang sangat miskin itu untuk tetap tenang. Dia menyatakan negara itu dalam "keadaan pengepungan" dan dia sekarang bertanggung jawab atas negara itu.

Dia minta rakyat percaya pada polisi dan tentara akan memastikan ketertiban umum.

"Presiden dibunuh di rumahnya oleh orang asing yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol," kata Joseph seperti dikutip CNN, Kamis (8/7/2021).

Dia mengatakan video yang diambil dari tempat kejadian menunjukkan para penyerang menampilkan diri mereka sebagai agen DEA.

"Saya yakin mereka adalah agen DEA palsu," katanya kepada wartawan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan dugaan bahwa kelompok penyerang itu adalah agen DEA "benar-benar salah".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)