Selidiki Jatuhnya Pesawat Militer, Filipina Minta Bantuan AS

Rabu, 07 Juli 2021 - 14:49 WIB
loading...
Selidiki Jatuhnya Pesawat Militer, Filipina Minta Bantuan AS
Filipina meminta bantuan AS untuk memeriksa kotak hitam pesawat Hercules C-130 yang jatuh pada pekan lalu. Foto/Reuters
A A A
MANILA - Filipina akan mengirim kotak hitam pesawat Hercules C-130 yang jatuh pada akhir pekan lalu ke Amerika Serikat (AS) untuk meminta bantuan ahli membuka dan menganalisisnya. Hal itu diungkapkan Kepala Staf Militer Filipina, Rabu (7/7/2021).

"Amerika Serikat telah berkomitmen untuk membantu mengekstrak informasi dari data penerbangan dan perekam suara kokpit yang dapat menjelaskan insiden tragis yang menewaskan 53 orang di provinsi selatan Jolo," kata Cirilito Sobejana dalam wawancara dengan televisi lokal seperti dikutip dari Reuters.

Sobejana mengatakan Filipina tidak memiliki kemampuan seperti itu. Dia tidak memberikan jadwal kapan para ahli AS dapat menyelesaikan ekstraksi data.

Pesawat itu membawa pasukan menuju operasi kontra-pemberontakan ketika jatuh dengan 96 penumpang, menewaskan 53 dalam kecelakaan udara militer terburuk di negara itu dalam hampir tiga dekade. Di antara yang tewas adalah tiga warga sipil di darat dan kru lainnya terluka.



Ditanya apakah cuaca buruk atau kesalahan manusia bisa menjadi penyebab insiden itu, Sobejana mengatakan akan menunggu laporan resmi penyidik.

"Saya mengatakan kepada mereka untuk melakukannya secepat yang kami bisa, tetapi ini harus disengaja," katanya.

"Kami ingin mendapatkan informasi atau fakta yang akurat," tegasnya.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menawarkan dukungan tambahan kepada mitranya dari Filipina Delfin Lorenzana ketika mereka berbicara melalui telepon pada hari Selasa kemarin untuk membahas kecelakaan itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)