Tinggalkan Bagram Tanpa Pesan di Pagi Buta, Ini Pembelaan Pentagon

Rabu, 07 Juli 2021 - 14:25 WIB
loading...
Tinggalkan Bagram Tanpa Pesan di Pagi Buta, Ini Pembelaan Pentagon
Pentagon membela penarikan pasukan AS dari pangkalan udaran Bagram di Afghanistan tanpa pesan di pagi buta. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon memberikan pembelaan atas kepergiantentara Amerika Serikat (AS) dari pangkalan undara Bagram di Afghanistan .

Sebelumnya dilaporkan bahwa tentara AS meninggalkan Bagram tanpa pesan di pagi buta. Mereka mematikan listrik, tanpa mengoordinasikan penyerahan dan untuk sementara meninggalkan pangkalan itu kepada para penjarah.

Menanggapi laporan itu, sekretaris pers Pentagon John Kirby mengatakan dia telah melihat laporan pers tetapi bersikeras ada koordinasi dengan para pemimpin Afghanistan, baik di pemerintahan, maupun di pasukan keamanan Afghanistan, tentang penyerahan.

"Seperti yang Anda ketahui, itu adalah pangkalan ketujuh dan terakhir yang kami serahkan kepada Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan. Anda tidak melakukannya dalam ruang hampa, dan ini tidak dilakukan dalam ruang hampa," kata Kirby kepada wartawan di Pentagon seperti dikutip dari The Hill, Rabu (7/7/2021).

Dia menambahkan bahwa sementara dia tidak dapat berbicara untuk tingkat informasi yang turun ke rantai komando Afghanistan, para pemimpin Afghanistan, sipil dan militer, dikoordinasikan dengan tepat dan diberi pengarahan tentang perpenyerahan pangkalan, termasuk fasilitas walk-through dengan pemimpin senior Afghanistan.

Associated Press (AP) sebelumnya melaporkan bahwa ketika militer AS meninggalkan Bagram pada Jumat pagi, mereka melakukannya dengan mematikan listrik dan pergi dalam kegelapan, tanpa memberi tahu komandan baru pangkalan Afghanistan.

Komandan dilaporkan menemukan ketidakhadiran tentara AS lebih dari dua jam kemudian. Sebelum tentara Afghanistan dapat menguasai Bagram - dari mana pasukan AS telah berperang di Afghanistan selama 20 tahun terakhir - lapangan terbang itu diserang oleh tentara kecil penjarah, pejabat militer Afghanistan mengatakan kepada AP.

Militer AS juga dilaporkan meninggalkan ribuan kendaraan sipil, sebagian besar tanpa kunci untuk menyalakannya, ratusan kendaraan lapis baja dan senjata kecil serta amunisi untuk mereka.



Kirby mengatakan percakapan terakhir dan koordinasi tentang pergantian di Bagram terjadi sekitar 48 jam sebelum pasukan AS pergi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)