Kanada Ingin Perkuat Hubungan Pertahanan dengan Indonesia

Minggu, 04 Juli 2021 - 18:20 WIB
loading...
Kanada Ingin Perkuat Hubungan Pertahanan dengan Indonesia
Executive Commander HMCS Calgary, Meghan Coates menuturkan bahwa Kanada ingin memperkuat kerjasama pertahanan dengan Indonesia. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Kanada ingin memperkuatkerjasama pertahanan dengan Indonesia . Hal itu diutarakan Executive Commander HMCS Calgary, Meghan Coates.

"Kami ingin benar-benar fokus untuk melanjutkan kerja sama dengan di bidang pertahanan dengan Indonesia," ucap Coates saat melakukan konferensi pers saat kunjungan kapal itu ke Jakarta.

Sementara itu, Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Cameron MacKay menyayangkan kapal ini tidak bisa dikunjungi oleh masyarakat Indonesia karena situasi pandemi.

"Jika bukan karena covid-19, situasi akan sangat berbeda, karena ada orang Kanada dan Indonesia yang menaiki kapal. Awak kapal juga dapat turun ke daratan,"ucapnya.

HMCS Calgary adalah fregat kelas Halifax yang telah melayani Angkatan Laut Kanada sejak tahun 1995. Calgary adalah kapal keenam di kelasnya dan kapal kedua yang membawa penunjukan HMCS Calgary.

Calgary dibangun sebagai bagian dari Proyek Frigate Patroli Kanada dan mulai reparasi Perpanjangan Umur Peralatan Frigate (FELEX). Kapal ditugaskan ke Maritime Forces Pacific (MARPAC) dan diangkut di CFB Esquimalt.

Baru-baru ini, kapal tersebut melakukan perjalanan ke perairan Timur Tengah untuk misi kontra-terorisme Operasi ARTEMIS, di mana mereka melakukan operasi pencegatan dan keamanan maritim dengan koalisi 34 negara bernama Pasukan Maritim Gabungan dan Satuan Tugas Gabungan 150 yang dipimpin Kanada.

Dalam Operasi ARTEMIS, HMCS Calgary memecahkan rekor penyitaan heroin terbesar yang pernah disita oleh kapal mana pun pada gilirannya dalam sejarah penugasan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)