43 Migran Tewas Tenggelam dalam Tragedi Kapal Karam di Tunisia

Minggu, 04 Juli 2021 - 11:53 WIB
loading...
43 Migran Tewas Tenggelam dalam Tragedi Kapal Karam di Tunisia
43 migran tenggelam dalam tragedi kapal karam di Tunisia. Foto/Ilustrasi
A A A
TUNIS - Sedikitnya 43 migran tenggelam dalam kapal karam di Tunisia ketika mereka mencoba menyeberangi Laut Tengah dari Libya ke Italia , sementara 84 lainnya berhasil diselamatkan. Demikian pernyataan Bulan Sabit Merah Tunisia.

Menurut organisasi kemanusiaan itu kapal itu berangkat dari Zuwara, di pantai barat laut Libya, membawa migran dari Mesir, Sudan, Eritrea dan Bangladesh.

Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa insiden tenggelam telah terjadi di lepas pantai Tunisia, dengan frekuensi upaya penyeberangan ke Eropa dari Tunisia dan Libya menuju Italia karena cuaca membaik menunjukkan peningkatan.



"Angkatan Laut menyelamatkan 84 migran dan 43 lainnya tenggelam di kapal yang berangkat dari Zuwara Libya menuju Eropa," kata pejabat Bulan Sabit Merah Mongi Slim seperti dikutip dari Reuters, Minggu (4/7/2021).

Ratusan ribu orang telah menyeberangi Laut Tengah yang berbahaya dalam beberapa tahun terakhir. Banyak dari mereka melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di Afrika dan Timur Tengah.

Kedatangan migran di Italia - salah satu rute migran utama ke Eropa - telah turun dalam beberapa tahun terakhir, tetapi jumlahnya meningkat lagi pada tahun 2021.

Angka Kementerian Dalam Negeri Italia menunjukkan hampir 19.800 migran telah tiba sejak awal tahun dibandingkan dengan lebih dari 6.700 pada periode yang sama tahun lalu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)