Rakyat Kim Jong-un di Korut Dilaporkan Mulai Dilanda Kelaparan

Jum'at, 02 Juli 2021 - 00:05 WIB
loading...
Rakyat Kim Jong-un di Korut Dilaporkan Mulai Dilanda Kelaparan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
SEOUL - Sebagian rakyat Korea Utara (Korut) yang dipimpin Kim Jong-un dilaporkan mulai dilanda bencana kelaparan.

Sanksi DK PBB, penutupan perbatasan dengan China akibat pandemi COVID-19, bencana kekeringan yang diikuti hujan topan telah memicu krisis pangan di negara itu.



Hazel Smith, seorang ahli Korea Utara dari SOAS University of London, yang menghabiskan sebagian besar tahun 1998 hingga 2001 di negara itu mengembangkan analisis data pertanian untuk UNICEF dan Program Pangan Dunia, melukiskan gambaran yang jelas tentang apa yang dia tahu sedang terjadi.

“Anak-anak di bawah tujuh tahun, wanita hamil dan menyusui, yang lemah, orang tua...ini adalah orang-orang yang kelaparan, saat ini,” kata Smith, yang penelitian sebelumnya membawanya ke seluruh negeri Kim Jong-un.

Krisis pangan di Korea Utara telah memicu kekhawatiran tentang malnutrisi yang meluas dan potensi mengulangi bencana kelaparan tahun 1990-an di negara itu.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengakui masalah tersebut pada pertemuan Komite Sentral Partai Buruh bulan Juni.

“Situasi pangan rakyat sekarang semakin tegang,” kata Kim, yang dilaporkan media pemerintah Korea Utara, seraya menambahkan bahwa sektor pertanian gagal memenuhi rencana produksi biji-bijian karena kerusakan akibat hujan topan tahun lalu.

Kim juga menyebutkan dampak pandemi COVID-19.

“Sangat penting bagi seluruh partai dan negara untuk berkonsentrasi pada pertanian,” kata pemimpin Korea Utara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)