Kepala Intelijen Mesir Diduga Terlibat Pembunuhan Khashoggi

Selasa, 22 Juni 2021 - 17:05 WIB
loading...
Kepala Intelijen Mesir Diduga Terlibat Pembunuhan Khashoggi
Kepala Intelijen Mesir, Abbas Kamel, diduga terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Sebuah kelompok hak asasi manusia menyerukan kepada anggota Kongres Amerika Serikat (AS) untuk menginterogasi kepala intelijen Mesir mengenai pembunuhan Jamal Khashoggi . Ini terkait laporan yang menyebutkan pesawat Arab Saudi yang membawa tim pembunuh Khashoggi sempat transit di Kairo pada Oktober 2018 untuk mengambil obat-obatan terlarang yang digunakan dalam pembunuhan tersebut.

“Laporan yang muncul bahwa pihak berwenang Mesir menyediakan obat-obatan pembunuh yang digunakan untuk mengeksekusi Jamal Khashoggi sangat mengejutkan,” kata Sarah Leah Whitson, direktur eksekutif Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang (DAWN), sebuah kelompok yang didirikan Khashoggi pada tahun terakhir hidupnya.

"Perlu ada penyelidikan Kongres," imbuhnya seperti dikutip dari Yahoo, Selasa (22/6/2021).

Komentar Whitson dipicu oleh seri podcast Yahoo News “Conspiracyland” yang baru saja dirilis tentang pembunuhan Khashoggi yang mengungkapkan bahwa jet Gulfstream yang membawa apa yang disebut sebagai Tim Harimau, tim pembunuh Arab Saudi, ke Istanbul membuat persinggahan tengah malam di Kairo untuk tujuan mengambil dosis mematikan narkotika "ilegal" yang belum ditentukan.

Obat-obatan itu disuntikkan beberapa jam kemudian oleh seorang dokter Kementerian Dalam Negeri Saudi ke lengan kiri Khashoggi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul - sebuah operasi yang telah disimpulkan CIA mendapat izin dari Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman , yang sering dikenal sebagai MBS.



Abbas Kamel, kepala intelijen Mesir, minggu ini akan mengunjungi Washington untuk bertemu dengan pejabat intelijen AS serta anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat. Staf mengatakan kepada Yahoo News bahwa sejumlah senator sedang bersiap untuk bertanya kepada Kamel tentang persinggahan di Kairo dan apakah pejabat intelijen Mesir mengirim atau membantu memfasilitasi pengiriman obat-obatan tersebut.

Komite Urusan Luar Negeri DPR sedang berusaha untuk mengatur pertemuannya sendiri dengan Kamel, dan salah satu anggotanya, Tom Malinowski, mantan asisten menteri luar negeri untuk hak asasi manusia, mengatakan bahwa jika pertemuan itu terjadi, dia juga bermaksud untuk menanyai Kamel tentang pembunuhan Khashoggi.

"Saya ingin mereka tahu bahwa kami tahu mereka membantu Saudi membunuh seorang jurnalis yang berbasis di AS," katanya kepada Yahoo News.

Whitson mencatat bahwa pertanyaan tersebut sangat relevan mengingat hubungan kerja yang erat antara Arab Saudi dan rezim otoriter Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi, yang kudetanya pada 2013 sangat didukung oleh Riyadh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)