Emir Qatar Berharap Bisa Perkuat Kerjasama dengan Presiden Baru Iran

Minggu, 20 Juni 2021 - 20:22 WIB
loading...
Emir Qatar Berharap Bisa Perkuat Kerjasama dengan Presiden Baru Iran
Emir Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani, mengucapkan selamat kepada Ebrahim Raisi atas keberhasilannya memenangkan pemilihan umum di Iran. Foto/REUTERS
A A A
DOHA - Emir Qatar , Tamim bin Hamad Al Thani, mengucapkan selamat kepada Ebrahim Raisi atas keberhasilannya memenangkan pemilihan umum di Iran . Dalam ucapan selamatnya, Al Thani berharap hubungan kedua negara dapat semakin kuat.

Kementerian Dalam Negeri Iran mengumumkan bahwa Raisi memenangkan pemilihan presiden ke-13Iran, dengan hampir 62 persen suara. Jumlah pemilih adalah 48,8 persen, terendah dalam sejarah negara itu. Presiden Iran Pertama yang Menjabat di Bawah Sanksi AS

"Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengirim telegram ucapan selamat atas kemenangan dalam pemilihan presiden di Iran kepada Ebrahim Raisi," kata kantor Emir Qatar.

"Dia mendoakan keberhasilan Raisis dan pengembangan lebih lanjut serta penguatan hubungan kedua negara," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (20/6/2021).

Selain Al Thani, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengucapkan selamat kepadaRaisi atas keberhasilannya dalam pemilihan presiden Iran.

Menurut pernyataan Direktorat Komunikasi Turki, Erdogan berharap hasil pemilu akan mengarah pada Iran yang lebih makmur. Ia juga berharap hubungan Turki-Iran akan semakin menguat selama masa kepresidenan Raisi, dengan mengatakan bahwa dia siap untuk bekerja sama.

Sementara itu, Presiden Rusia, Vladimir Putin juga dengan cepat memberi selamat kepada Raisi. Ia pun menyoroti hubungan "tradisional ramah dan bertetangga baik" antara kedua negara.

“Hubungan antara negara kita secara tradisional bersahabat dan bertetangga baik. Saya berharap kegiatan Anda di jabatan tinggi ini akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut kerja sama bilateral yang konstruktif di berbagai arah, serta kemitraan dalam urusan internasional. Ini sepenuhnya memenuhi kepentingan rakyat Rusia dan Iran, sejalan dengan penguatan keamanan dan stabilitas regional," kata Putin.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)