Saudi Gunakan Robot untuk Bagikan Air Zamzam untuk Jamaah Haji

Kamis, 17 Juni 2021 - 16:22 WIB
loading...
Saudi Gunakan Robot untuk Bagikan Air Zamzam untuk Jamaah Haji
Arab Saudi mulai menerjumka robot di Makkah, yang bertugas untuk membagikan air Zamzam kepada jamaah haji. Foto/Ist
A A A
MAKKAH - Arab Saudi mulai menerjunkan robot di Makkah, yang bertugas untuk membagikan air Zamzam kepada jamaah haji. Penggunaan robot dimaksudkan untuk mengurangi kontak antar manusia, sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Bader Al-Loqmani, yang mengelola sumber mata air zamzam, menuturkan, bahwa robot, berwarna hitam dan putin itu, memiliki tiga rak botol air. Robot itu akan berkeliling Masjidil Haram sembari membawa botol-botol berisi air zamzam.

“Tujuan dari robot ini adalah untuk memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia,” ucapnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (17/6/2021).

“Sekitar 20 robot saat ini tersedia untuk membantu pengunjung dan jemaah haji,” sambungnya. Dia mencatat bahwa lebih banyak robot yang akan diterjunkan, jika memang diperlukan.

Selama berabad-abad, para jamaah haji berbondong-bondong untuk meminum air Zamzam dari mata airnya secara langsung, yang dipandang sebagai keajaiban dalam tradisi Islam. Ratusan ribu botol air Zamzam biasanya dibagikan setiap tahun.

Saudi sendiri diketahui hanya mengizinkan 60 ribu orang untuk berhaji tahun ini. Mereka yang diizinkan untuk berhaji adalah warga negara atau pemegang status kependudukan yang tinggal di dalam haji.

Mereka yang diperbolehkan untuk mendaftar adalah perempuan dan laki-laki berusia 18-65 tahun, sudah melakukan vaksinasi atau telah pulih dari Covid-19.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)