Erdogan: Masalah AS-Turki Dapat Diselesaikan setelah Bertemu Biden

Rabu, 16 Juni 2021 - 08:29 WIB
loading...
A A A
Hubungan AS-Turki diselimuti serangkaian perselisihan termasuk dukungan AS untuk pejuang Kurdi Suriah yang dianggap teroris oleh Turki, dan kritik yang lebih vokal dari pemerintahan Biden terhadap catatan hak asasi manusia Ankara.

Perselisihan paling sulit adalah pembelian rudal pertahanan permukaan-ke-udara S-400 Rusia oleh Turki pada 2019 yang mendorong Washington menjatuhkan sanksi yang ditargetkan dan mengusir Ankara dari program produksi F-35, termasuk pesanan Turki untuk membeli jet tempur itu.

“Pada pertemuan yang diadakan di lokasi ini, tidak mungkin S-400 tidak diangkat,” papar Erdogan.

Dia menambahkan, “Apa pun pemikiran kami sebelumnya tentang S-400, saya menyampaikan pemikiran yang sama kepada Presiden Biden.”

Lira Turki turun hampir 1% saat Erdogan berbicara, setelah ekspektasi pasar meningkat dalam beberapa hari terakhir bagi Biden dan Erdogan untuk mencapai semacam kesepakatan tentang S-400.

Erdogan, yang memiliki hubungan hangat dengan mantan Presiden AS Donald Trump, mengatakan Biden mengatakan kepadanya bahwa dia mungkin datang ke Turki.

Sebagai presiden, Biden telah mengadopsi nada yang lebih dingin dari Trump terhadap Erdogan.

Biden dengan cepat mengakui pembantaian orang-orang Armenia tahun 1915 sebagai genosida. Sikap AS itu membuat marah Turki.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)