alexametrics

Maduro Tegaskan Venezuela Memiliki Hak untuk Bekerjasama dengan Iran

loading...
Maduro Tegaskan Venezuela Memiliki Hak untuk Bekerjasama dengan Iran
Presiden Venezuela, Nicolas Maduro membela hak negaranya untuk melakukan kerjasama dan berdagang dengan Iran. Foto/REUTERS
A+ A-
CARACAS - Presiden Venezuela, Nicolas Maduro membela hak negaranya untuk melakukan kerjasama dan berdagang dengan Iran. Pernyataan ini menyusul ketibaan kapal tanker Iran, membawa 45,5 juta galon bensin dan produk terkait, untuk mengurangi kekurangan minyak yang dialami Venezuela yang disebabkan oleh blokade Amerika Serikat (AS).

Maduro mengucapkan ucapan terima kasih Presiden Iran, Hassan Rouhani dan Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei untuk pengiriman minyak tersebut dengan mengatakan Venezuela memiliki teman baik dan berani di dunia. Dia kemudian menegaskan, Venezuela dan Iran memiliki hak untuk bekerjasama.

"Kami, Venezuela dan Iran, menginginkan perdamaian. Kami memiliki hak untuk secara bebas memperdagangkan produk di seluruh lautan dunia," kata Maduro dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (25/5/2020).



Seperti diketahui, kapal tanker berbendara Iran, Fortune, tiba di perairan Venezuela pada akhir pekan lalu. Kedatangan kapal tanker Iran Fortune di perairan yurisdiksi Venezuela, dengan pengawalan militer Venezuela.

Menurut kantor berita Venezuela, empat tanker Iran lainnya - Petunia, Forrest, Faxon, dan Clavel, juga akan segera tiba di Venezuela.

Pengiriman oni menandai upaya terbaru Iran untuk membantu rezim Maduro. Venezuela, rumah bagi cadangan minyak terbesar di dunia, hampir kehabisan bensin setelah bertahun-tahun salah kelola dan sanksi AS.

Selama dua bulan terakhir, pihak berwenang Venezuela telah memberlakukan penjatahan bahan bakar minyak dan menyerahkan kontrol stasiun pengisian bahan bakar kepada personel militer.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak