Inggris Umumkan akan Sumbangkan 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Minggu, 13 Juni 2021 - 22:32 WIB
loading...
Inggris Umumkan akan Sumbangkan 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19
Inggris mengatakan akan menyumbangkan 100 juta dosis vaksin virus Corona surplus ke dunia dalam setahun ke depan. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Inggris mengatakan akan menyumbangkan 100 juta dosis vaksin virus Corona surplus ke dunia dalam setahun ke depan. London akan menyumbangkan lima juta dosis pertama sebelum akhir September, dimulai dalam beberapa minggu mendatang, terutama untuk digunakan di negara-negara termiskin di dunia.

Perdana Menteri Inggris, Borish Johnson menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk menyumbangkan 95 juta dosis lagi dalam setahun ke depan. Johnson menuturkan, 80 persen dari 100 juta dosis tersebut akan diberikan kepada COVAX dan sisanya dibagikan secara bilateral ke negara yang membutuhkan.

Pembagian lima juta dosis dalam beberapa minggu mendatang ini akan segera memenuhi permintaan vaksin untuk negara-negara yang paling parah terdampak virus corona tanpa menunda penyelesaian program vaksinasi domestik kami.

"Sejak awal pandemi ini, Kerajaan Inggris Raya telah memimpin dalam upaya melindungi umat manusia dari penyakit mematikan ini. Lebih dari setahun lalu kami mendanai pengembangan vaksin Oxford-AstraZeneca dengan dasar bahwa itu akan didistribusikan ke dunia secara terjangkau," ucap Johnson.

Dia menuturkan, mekanisme yang belum pernah ada sebelumnya ini menempatkan nyawa di atas keuntungan dan berujung pada lebih dari setengah miliar dosis telah diberikan ke 160 negara sejauh ini.

"Akibat keberhasilan program vaksin Kerajaan Inggris Raya, kami sekarang dapat membagikan sebagian dari surplus dosis kami untuk mereka yang membutuhkannya. Dengan demikian, kami akan mengambil langkah besar untuk mengalahkan pandemi ini untuk selamanya," ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang diterima Sindonews pada Minggu (13/6/2021).

Biaya sumbangan surplus ini akan diklasifikasikan sebagai Bantuan Pembangunan Resmi. Ini akan menjadi tambahan dari 10 miliar Euro yang sudah dijanjikan dalam bentuk bantuan sebelumnya pada tahun ini.

Dosis yang diumumkan akan disumbangkan hari ini diambil dari perkiraan kelebihan pasokan domestik. Angka 100 juta telah dihitung berdasarkan total yang dibutuhkan untuk memvaksinasi populasi Inggris, dengan mempertimbangkan kemungkinan terdeteksinya varian kebal vaksin di masa depan dan potensi gangguan pada pasokan kami.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)