Cerita Eks Bos Mossad Curi Arsip Nuklir Iran: Libatkan 20 Agen, Pecahkan 30 Brankas

Sabtu, 12 Juni 2021 - 11:21 WIB
loading...
A A A
Israel telah berbicara secara terbuka tentang mengambil puluhan ribu dokumen nuklir Iran. Tapi Cohen juga mengisyaratkan keterlibatan Mossad dalam operasi lama lainnya.

Di awal wawancara, Cohen berbicara tentang fasilitas nuklir Iran di Natanz.

Iran mengatakan bahwa sabotase menyebabkan kebakaran di situs pengayaan uranium pada Juli 2020. Sehari setelah mengungkapkan peralatan baru pada April tahun ini, para pejabat kembali mengatakan situs itu telah disabotase dan mengalami kerusakan besar. Iran menuduh Israel melakukan "terorisme nuklir" atas insiden tersebut.

Mr Cohen mengatakan kepada Dayan bahwa dia tahu situs nuklir Iran dengan baik, dan bahwa dia bisa membawanya ke ruang bawah tanah di mana sentrifugal berputar berada. Dia kemudian menambahkan: "Yang dulu berputar. Saat ini, ruang bawah tanah tidak terlihat seperti dulu."

Lebih lanjut, Cohen berbicara tentang Mohsen Fakhrizadeh, ilmuwan nuklir terkemuka Iran yang dibunuh di sebuah jalan di luar Teheran November lalu. Serangan secara terbuka itu dituduhkan oleh Iran kepada Israel.

Mantan kepala Mossad itu tidak mengonfirmasi atau menyangkal keterlibatannya dalam kematian Fakhrizadeh. Namun dia mengatakan ilmuwan itu adalah target "selama bertahun-tahun".

"Jika pria itu memiliki kemampuan yang membahayakan warga Israel, dia harus berhenti eksis," katanya. "Seseorang dapat diselamatkan jika dia siap untuk berganti profesi dan tidak merugikan kita lagi".
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)