Pakai Satelit Canggih Rusia, Iran Bisa Mata-matai Militer Israel

Jum'at, 11 Juni 2021 - 13:52 WIB
loading...
A A A
Satelit baru akan diluncurkan di Rusia dan akan menggunakan perangkat keras Rusia, termasuk kamera dengan resolusi 1,2 meter—peningkatan yang signifikan atas kemampuan Iran saat ini.

Meski demikian, menurut catatan Washington Post, kemampuan satelit itu masih di bawah kualitas yang dicapai oleh satelit mata-mata AS atau pun penyedia citra satelit komersial.



Tetapi, bagian terpenting dari itu adalah Iran akan dapat menugaskan satelit baru tersebut untuk menguping di area mana pun yang diinginkannya, sesering yang diinginkan.

“Ini bukan yang terbaik di dunia, tetapi resolusi tinggi dan sangat bagus untuk tujuan militer,” kata seorang pejabat Timur Tengah seperti dikutip dalam laporan Washington Post.

"Kemampuan ini akan memungkinkan Iran untuk mempertahankan bank target yang akurat, dan memperbarui bank target itu dalam beberapa jam," lanjut pejabat itu.

Prospek bahwa Iran dapat berbagi citra dengan kelompok-kelompok militan pro-Iran di seluruh wilayah, dari pemberontak Houthi Yaman hingga militan Hizbullah di Lebanon selatan, memang memicu kekhawatiran serius di antara AS dan sekutu Timur Tengahnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)