Dukung Teori Kebocoran Laboratorium Wuhan, Eks Bos CDC Dapat Ancaman Pembunuhan

Jum'at, 04 Juni 2021 - 10:56 WIB
loading...
Dukung Teori Kebocoran Laboratorium Wuhan, Eks Bos CDC Dapat Ancaman Pembunuhan
Mantan Direktur CDC era Presiden Donald Trump mengaku mendapat ancaman pembunuhan karena mendukung teori virus COVID-19 berasal dari lab virologi Wuhan. Foto/Sunday Guardian
A A A
WASHINGTON - Mantan kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), Robert Redfield, mengungkapkan dirinya menerima ancaman pembunuhan karena mendukung teori bahwa virus Corona baru penyebab COVID-19 berasal dari kebocoran laboratorium virologi di Wuhan , China .

Berbicara kepada Vanity Fair, Redfield mengatakan ancaman itu dimulai pada Maret setelah dia yakin virus itu berasal dari laboratorium. Pernyataan itu, yang dia tekankan pada saat itu hanyalah sebuah opini dan dia tidak memberikan bukti, muncul saat wawancara dengan CNN.

"Saya berpandangan bahwa saya masih berpikir bahwa etiologi yang paling mungkin dari patologi ini di Wuhan berasal dari laboratorium. Anda tahu, melarikan diri," kata Redfield kepada kepala koresponden medis jaringan itu, Sanjay Gupta.

"Orang lain tidak percaya itu. Tidak apa-apa. Ilmu pengetahuan pada akhirnya akan menemukannya," imbuhnya seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (4/6/2021).

Redfield, yang memimpin CDC di bawah pemerintahan mantan Presiden Donald Trump dari 2018 hingga 2021, mengatakan kepada Vanity Fair bahwa ia diduga menjadi sasaran pembunuhan dari rekan sesama ilmuwan atas pernyataannya itu.

"Saya diancam dan dikucilkan karena mengajukan hipotesis lain," katanya.

"Saya mengharapkannya dari politisi. Saya tidak mengharapkannya dari sains," imbuhnya.

Asal-usul virus COVID-19 telah menjadi topik yang diperdebatkan secara luas sejak dimulainya pandemi pada Maret 2020, menyebabkan meningkatnya ketegangan antara AS dan China.

Kemungkinan bahwa virus SARS-CoV-2 muncul dari laboratorium telah ditolak oleh para ilmuwan pada awal-awal wabah. Dugaan ini didengung-dengungkan oleh Trump.

Awal tahun ini, tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang pergi ke Wuhan untuk menyelidiki masalah ini mengatakan teori bahwa virus itu keluar karena kecelakaan laboratorium sangat tidak mungkin dan kemungkinan besar berasal dari kelelawar dan melompat ke manusia melalui inang hewan perantara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)