Bagaimana Kapal Mata-mata Rusia Tahu Uji Rudal AS?

loading...
Bagaimana Kapal Mata-mata Rusia Tahu Uji Rudal AS?
Kapal mata-mata Rusia, Kareliya, diketahui berada di lokasi uji coba rudal AS yang gagal pekan lalu. Foto/USNI
WASHINGTON - Sebuah laporan terbaru menunjukkan bahwa kapal mata-mata Rusia diketahui berada di lokasi uji coba rudal Amerika Serikat (AS) yang berujung pada kegagalan pada pekan lalu.

Kapal mata-mata Angkatan Laut Rusia, Kareliya, diparkir satu mil laut dari perairan teritorial AS. Kapal ini berada di kursi barisan depan ketika dua rudal pertahanan udara AS gagal mencegat rudal balistik yang disimulasikan. Rusia kemungkinan telah diberi tahu tentang pengujian tersebut dengan pemberitahuan penutupan udara dan laut yang dirancang untuk melindungi warga sipil dari aktivitas militer.

Kapal Kareliya berlabuh 13 mil laut di lepas pantai barat pulau Hawaii Kauai. Perairan teritorial AS dimulai pada 12 mil laut dari pantai, jadi jelas kapal itu berusaha sedekat mungkin ke pantai.

Pada 29 Mei, Badan Pertahanan Rudal Departemen Pertahanan AS mengumumkan kegagalan uji coba pertahanan rudal. Dua rudal pertahanan udara Standard Missile 6 Dual II (SM-6) gagal melakukan simulasi rudal balistik jarak menengah sebagaimana dimaksud. Uji coba tersebut, Flight Test Aegis Weapon System 31 Event 1, melibatkan kapal perang berkemampuan pertahanan rudal balistik Angkatan Laut AS, kemungkinan kapal penjelajah kelas Ticonderoga atau perusak kelas Arleigh Burke, menembak jatuh rudal simulasi.



Baca juga: Kapal Perang AS Gagal Cegat Rudal Balistik Jarak Menengah

Angkatan Laut biasanya melakukan tes pertahanan rudal balistik di Pasifik di Pacific Missile Range Facility Barking Sands (PMRF), yang menyebut dirinya sebagai jarak multi-lingkungan terinstrumentasi terbesar di dunia yang mampu mendukung operasi permukaan, bawah permukaan, udara, dan ruang angkasa secara bersamaan. Ada lebih dari 1.100 mil persegi jangkauan bawah air terinstrumentasi di PMRF, serta lebih dari 42.000 mil persegi wilayah udara terkontrol.

Barking Sands sering menjadi lokasi peluncuran untuk simulasi rudal yang diluncurkan dari darat musuh, dengan kapal perusak AS atau Jepang diparkir di bawah, siap untuk mendeteksi, melacak, dan menembakkan rudal.

Berikut cuplikan video dari FTM-19, uji coba tahun 2013 yang melibatkan kapal penjelajah rudal berpemandu USS Lake Erie. Selama pengujian, Danau Erie menembak jatuh rudal balistik simulasi dengan pencegat SM-3 Blok 1B.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top