Pasukan AS Salah Serbu Pabrik Minyak Bunga Matahari Bulgaria saat Latihan NATO

Kamis, 03 Juni 2021 - 06:06 WIB
loading...
Pasukan AS Salah Serbu Pabrik Minyak Bunga Matahari Bulgaria saat Latihan NATO
Tank Angkatan Darat AS M1A1 Abrams menembakkan artileri saat latihan militer NATO Crystal Arrow 2021 di Adazi, Latvia, pada 26 Maret 2021. Foto/REUTERS
A A A
SOFIA - Pemilik pabrik minyak bunga matahari skala kecil di Bulgaria menuduh tentara Amerika Serikat (AS) secara ilegal menyerbu pabriknya selama latihan militer NATO bulan lalu.

Sang pemilik pabrik Marin Dimitrov mengatakan dia telah mengajukan gugatan terhadap mereka yang bertanggung jawab atas insiden 11 Mei tersebut.

Swift Response 2021 adalah latihan multinasional pimpinan Angkatan Darat AS yang diadakan di Estonia, Bulgaria dan Rumania dengan melibatkan lebih dari 7.000 pasukan terjun payung dari 10 negara NATO.



“Selama latihan, anggota Brigade Lintas Udara ke-173 yang berbasis di Italia melakukan simulasi merebut dan mengamankan Pangkalan Udara Cheshnegirovo yang telah dinonaktifkan di Bulgaria selatan dengan membersihkan bunker dan bangunan lainnya,” papar pernyataan Angkatan Darat AS.



“Pada 11 Mei, tentara Amerika memasuki dan membersihkan satu bangunan di sebelah lapangan terbang yang mereka pikir adalah bagian dari area pelatihan tetapi ternyata ditempati warga sipil Bulgaria yang menjalankan bisnis swasta,” ungkap pernyataan militer AS itu.



“Tidak ada senjata yang ditembakkan selama interaksi itu,” papar pernyataan Angkatan Darat AS.

Presiden Bulgaria Rumen Radev mengatakan, "Sama sekali tidak dapat diterima jika kehidupan dan ketenangan warga Bulgaria dipertaruhkan oleh unit militer, baik mereka bagian dari angkatan bersenjata Bulgaria atau asing."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)