Perang Tinggalkan Trauma Bagi Anak-anak Gaza: 'Saya Masih Mendengar Bom'

Rabu, 02 Juni 2021 - 11:30 WIB
loading...
A A A
“Terpaparnya perang secara terus menerus dan trauma yang belum terselesaikan dari perang sebelumnya menyebabkan banyak gejala seperti kesulitan dalam konsentrasi, masalah dengan persepsi diri seperti perasaan malu, bersalah, ketidakberdayaan, stigma dan rasa yang sama sekali berbeda dengan manusia lain,” tuturnya.

Itu selalu sulit bagi anak-anak di Gaza, bahkan sebelum kekerasan militer Israel terbaru. Memang, bagi banyak anak, ini adalah perang keempat yang mereka alami dalam hidup mereka yang singkat.

Nadine Abdel-Latif, yang video emosionalnya selama perang dibagikan secara luas di media sosial, adalah salah satunya.



“Saya baru berusia 10 tahun, dan saya telah melalui tiga perang. Saya masih merasa takut dan takut mereka akan mulai membom kami lagi,” katanya kepada The New Arab.

“Saya masih mendengar suara bom dan serangan udara di kepala saya. Kadang Saya bahkan tidak bisa tidur. Saya bangun di pagi hari bertanya-tanya apakah saya hidup atau mati,” ia menambahkan.

“Sebagai seorang anak, saya seharusnya tidak memikirkan kematian, tetapi karena apa yang kami alami dan apa yang masih kami alami, kami anak-anak tidak punya pilihan selain memikirkan kematian dan kehilangan orang yang kami cintai,” ujar Abdel-Latif.

Bermain penting untuk perkembangan dan kesejahteraan anak-anak dalam konteks apa pun. Kurangnya tempat yang aman bagi anak untuk bermain dan merasa aman menghambat interaksi sosial emosional mereka dengan teman sebaya, sehingga berdampak buruk pada kesejahteraan mental dan fisik mereka.

Nadine Abdel-Latif mengatakan meskipun ada gencatan senjata, dia dan teman-temannya terus mengalami ketakutan yang terus-menerus dan tidak dapat menikmati masa kanak-kanak yang normal.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2164 seconds (0.1#10.140)