16 Jet Tempur China Terobos Wilayah Malaysia, Dubes Tiongkok Dipanggil

loading...
16 Jet Tempur China Terobos Wilayah Malaysia, Dubes Tiongkok Dipanggil
Pesawat militer China Ilyushin Il-76 terlihat di wilayah udara Zona Maritim Malaysia di Kota Kinabalu, Malaysia pada 30 Mei 2021. Foto/epa efe
KUALA LUMPUR - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Malaysia memanggil Duta Besar (Dubes) China untuk menjelaskan "penyusupan" oleh 16 jet tempur angkatan udara China ke wilayah udara Malaysia.

Pemanggilan dilakukan setelah militer Malaysia mendeteksi aktivitas "mencurigakan" di Laut China Selatan.

Angkatan Udara Malaysia mengatakan pihaknya mengejar 16 jet tempur itu pada Senin untuk melakukan konfirmasi visual setelah jet-jet tempur China itu terbang dalam jarak 60 mil laut dari negara bagian Sarawak, Borneo Malaysia.





“Insiden itu sebagai ancaman serius bagi kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan," ungkap pernyataan Angkatan Udara Malaysia.

Baca juga: WHO Setujui Vaksin COVID Sinovac, Vaksin Kedua Buatan China yang Diakui

“Pesawat-pesawat China tidak menghubungi kontrol lalu lintas udara regional meskipun telah diinstruksikan beberapa kali,” papar Angkatan Udara Malaysia.

Baca juga: COVID-19 Belum Hilang, Flu Burung H10N3 Menginfeksi Manusia di China

Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan pemerintah akan mengeluarkan nota protes diplomatik dan meminta duta besar China untuk Malaysia menjelaskan "pelanggaran wilayah udara dan kedaulatan Malaysia".
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top