Jual Minyak Mentah Sitaan dari Iran, AS Raup Rp1,5 Triliun

Selasa, 01 Juni 2021 - 17:40 WIB
loading...
Jual Minyak Mentah Sitaan dari Iran, AS Raup Rp1,5 Triliun
Kapal tanker berbendera Liberia MT Achilleas. Foto/Bloomberg
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah menghasilkan sekitar USD100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun dengan menjual 2 juta barel minyak mentah yang disita bersama dengan sebuah kapal tanker di lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA) setelah menuduh bahwa minyak mentah itu adalah produk Iran .

Associated Press melaporkan, mengutip dokumen pengadilan, kargo dari kapal tanker berbendera Liberia MT Achilleas dibongkar di Houston, Texas dan dijual dengan harga sekitar USD55 per barel. Uang itu masuk ke dana escrow, mirip dengan hasil dari operasi sebelumnya.

Statistik nasional, yang diterbitkan oleh Badan Informasi Energi AS, mencantumkan Iran sebagai salah satu sumber minyak mentah pada bulan Maret lalu, yang menyatakan impor 33.000 barel per hari, atau sekitar satu juta barel minyak mentah per bulan.

"Sejak zaman mantan presiden AS, Bill Clinton, tidak ada minyak yang dibeli dari Iran karena undang-undang mereka," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh, ketika ditanya tentang impor, menurut AP yang dinukil Russia Today, Selasa (1/6/2021).



Pada bulan Februari, AS mengajukan pengaduan hukum yang berusaha untuk menyita minyak di atas kapal Achilleas di bawah undang-undang perampasan terorisme, karena diasumsikan bahwa uang untuk kargo akan diberikan kepada Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC). AS telah menetapkan IRGC sebagai organisasi teroris di bawah pemerintahan Trump, yang kemudian mulai menyita pengiriman minyak yang diduga berasal dari Iran berdasarkan undang-undang terorisme.

Klaim penyitaan untuk Achillea dan kargonya, yang diajukan pada bulan Februari, adalah yang pertama oleh pemerintahan Biden, yang menunjukkan kelanjutan dari kebijakan Iran di Washington. Teheran menyebut penyitaan itu sebagai tindakan pembajakan internasional.

Situasi semakin rumit pada bulan Maret, ketika sebuah perusahaan minyak yang berbasis di UEA mengajukan klaim atas minyak mentah yang disita, yang pada saat itu dilaporkan telah dibongkar di Houston, Texas.

Fujairah International Oil & Gas Corp (FIOGC), yang dikendalikan oleh penguasa Emirat Fujairah, mengatakan kargo itu miliknya sebagai penjual perantara. Achillea dikatakan telah disita oleh AS di pelabuhan Fujairah.



Pemerintahan Trump berusaha untuk menahan perdagangan minyak Iran sebagai bagian dari 'kampanye tekanan maksimum' melawan Teheran. AS mengancam siapa pun yang membeli minyak mentah dari Iran dengan sanksi sekunder.

Pergeseran itu terjadi setelah AS menarik diri dari perjanjian multilateral 2015 yang membatasi industri nuklir Iran dengan imbalan keringanan sanksi dan peluang bisnis yang menguntungkan di Barat. Pemerintahan Biden saat ini sedang mencoba untuk merundingkan kembalinya perjanjian tersebut, dengan pembicaraan di Wina, Austria sedang berlangsung.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)