UE Setujui Vaksin Covid-19 Pfizer Digunakan Pada Anak-anak

Sabtu, 29 Mei 2021 - 00:39 WIB
loading...
UE Setujui Vaksin Covid-19 Pfizer Digunakan Pada Anak-anak
Uni Eropa setujui penggunaan vaksin Covid-19 Pfizer pada anak-anak. Foto/Ilustrasi
A A A
AMSTERDAM - European Medicines Agency (EMA) telah menyetujui vaksin Covid-19 yang dibuat oleh kemitraan Amerika Serikat (AS)- Jerman Pfizer-BioNTech untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun. Keputusan ini memungkinkan anak-anak di blok tersebut untuk divaksinasi terhadap virus untuk pertama kalinya.

"Data baru menunjukkan bahwa vaksin 'Comirnaty' aman untuk kelompok yang lebih muda," kata kepala EMA dari Ancaman Kesehatan Biologis dan Strategi Vaksin, Marco Cavaleri, pada konferensi pers pada hari Jumat seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (29/5/2021).

Cominarty adalah nama merek vaksin AS-Jerman. Vaksin akan diberikan dengan cara yang sama seperti yang telah dilakukan selama ini untuk orang berusia 16 tahun ke atas, dengan dua dosis diberikan setidaknya dengan jarak tiga minggu.

Komite obat-obatan manusia EMA mendasarkan keputusannya untuk menyetujui vaksin pada uji klinis AS terhadap sekitar 2.000 anak berusia 12 hingga 15 tahun.



"Data percobaan menunjukkan bahwa tanggapan kekebalan pada kelompok usia ini serupa atau bahkan lebih baik dibandingkan dengan orang dewasa muda yang diberi vaksin," ungkap Cavaleri.

Dia menambahkan bahwa suntikan itu dapat ditoleransi dengan baik dan efek sampingnya mirip dengan yang telah disaksikan di antara penerima yang lebih tua.

Keputusan akhir tentang vaksin masih perlu dibuat oleh UE sendiri, sebelum tergantung pada masing-masing pemerintah negara apakah mereka akan meluncurkan vaksinasi ke remaja yang lebih muda atau tidak.

Langkah tersebut mengikuti keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS awal bulan ini untuk menyetujui vaksin Pfizer untuk anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun.

Regulator AS mengatakan data uji klinis menunjukkan vaksin itu 100% efektif dalam mencegah Covid-19 pada anak-anak dari kelompok usia ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)