Ketika Masjid, Sinagoga dan Gereja Dibangun dalam Satu Atap

Jum'at, 28 Mei 2021 - 09:54 WIB
loading...
Ketika Masjid, Sinagoga dan Gereja Dibangun dalam Satu Atap
Kelompok Muslim, Yahudi dan Kristen membangun House of One yang akan menampung masjid, sinagoga dan gereja dalam satu atap di Berlin, Jerman. Foto/DPA/Wolfgang Kumm
A A A
BERLIN - Sekelompok Muslim, Yahudi dan Kristen bergabung pada hari Kamis untuk meletakkan batu fondasi untuk sebuah pusat bangunan yang akan menampung masjid, sinagoga dan gereja di Berlin, Jerman . Ketiga tempat ibadah tersebut akan berdiri dalam satu atap.

Proyek pembangunan ketiga tempat ibadah itu sekaligus menjadi simbol dialog antar-agama di Ibu Kota Jerman. Para pendirinya menamai bangunan tersebut sebagai "House of One".



Beberapa hari setelah protes di Berlin atas konflik antara Israel dan Palestina di Gaza, dan pada saat para politisi memperingatkan meningkatnya anti-Semitisme di Jerman, "House of One" menawarkan suara harapan untuk dialog.

“Penting agar konflik dunia yang dramatis dapat didiskusikan di Ibu Kota Jerman dan masyarakat memiliki panggung untuk menyoroti masalah di negara mereka dan mengungkapkan pendapat mereka,” kata Wali kota Berlin Michael Mueller pada upacara peletakan batu fondasi, seperti dikutip Reuters, Jumat (28/5/2021).

"Tapi kebencian dan kekerasan, anti-Semitisme dan Islamofobia, rasisme dan hasutan tidak memiliki tempat dalam masyarakat kita," ujarnya.

Bangunan dengan menara persegi tinggi itu akan berisi ruangan terpisah untuk ibadah dan area umum untuk pertemuan.

Kepala Dewan Pusat Yahudi dan Dewan Pusat Muslim Jerman menyambut baik proyek tersebut dan dialog antar-agama yang ingin diwujudkannya.

Pekerjaan konstruksi, yang dimulai setelah 10 tahun perencanaan, akan memakan waktu empat tahun dan menghabiskan biaya 47,3 juta euro (USD57,67 juta).

Pemerintah Jerman memberikan kontribusi 20 juta euro, kota Berlin 10 juta euro dan sisanya akan datang dari kontributor lain, termasuk sumbangan dari luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)