Bersitegang, Putin dan Biden Bakal Bertemu di Jenewa 16 Juni

Rabu, 26 Mei 2021 - 02:46 WIB
loading...
Bersitegang, Putin dan Biden Bakal Bertemu di Jenewa 16 Juni
Vladimir Putin (kanan) bersalaman dengan Joe Biden di Moskow, 10 Maret 2011. Saat itu, Putin menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia dan Biden menjabat Wakil Presiden AS. Foto/REUTERS/Alexander Natruskin
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sepakat bertemu di Jenewa, Swiss, pada 16 Juni mendatang. Rencana pertemuan ini disepakati kedua pihak setelah Moskow dan Washington bersitegang dalam berbagai masalah.

Swiss dipilih menjadi lokasi pertemuan karena negara itu secara tradisional netral, yakni bukan anggota blok militer besar mana pun.



Kremlin dan Gedung Putih pada Selasa (25/5/2021) kompak mengatakan Biden dan Putin akan mengadakan pertemuan puncak bilateral di Jenewa. Kota tersebut menjadi tuan rumah bagi banyak organisasi internasional dan sering kali menawarkan platform pihak ketiga untuk berbagai pertemuan.

"Sesuai dengan kesepakatan yang dicapai (dengan Washington), Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin akan mengadakan pembicaraan di Jenewa pada 16 Juni dengan Presiden Amerika Serikat, Joseph Biden," bunyi pengumuman Kremlin.

"Ini dimaksudkan untuk membahas keadaan hubungan Rusia-Amerika saat ini, dan prospek pengembangan lebih lanjut, serta masalah stabilitas strategis dan isu-isu topikal dalam agenda internasional, termasuk kerjasama dalam memerangi pandemi virus Corona dan penyelesaian konflik regional," lanjut Kremlin seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (26/5/2021).

Sedangkan Gedung Putih mengatakan, "Presiden Biden akan bertemu dengan Presiden Putin di Jenewa, Swiss pada 16 Juni 2021."

"Para pemimpin akan membahas berbagai masalah mendesak, karena kami berusaha memulihkan prediktabilitas dan stabilitas hubungan AS-Rusia," lanjut pernyataan Gedung Putih.

Meskipun ini bukan pertama kalinya para politisi bertemu secara langsung, semua pertemuan sebelumnya terjadi sebelum Biden terpilih sebagai presiden Amerika.

Kedua pemimpin ini memiliki beragam topik yang sulit untuk dibahas, mengingat hubungan AS dan Rusia saat ini berada di titik terendah dalam beberapa dekade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)