Diskriminatif, WhatsApp Blokir Akun Para Jurnalis di Jalur Gaza

Selasa, 25 Mei 2021 - 10:43 WIB
loading...
Diskriminatif, WhatsApp Blokir Akun Para Jurnalis di Jalur Gaza
Logo WhatsApp dan Facebook. Foto/REUTERS
A A A
JALUR GAZA - Beberapa jam setelah gencatan senjata terbaru berlaku di Jalur Gaza , sejumlah jurnalis Palestina di sana menemukan bahwa mereka diblokir untuk mengakses WhatsApp.

Pemblokiran ini tentu sangat mengganggu karena WhatsApp telah jadi alat penting yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sejumlah sumber, editor, dan dunia di luar blokade Jalur Gaza.

Associated Press (AP) menghubungi 17 jurnalis di Gaza yang mengonfirmasi akun Whatsapp mereka telah diblokir sejak Jumat.



Hingga Senin tengah hari, hanya empat jurnalis yang bekerja untuk Al Jazeera, mengonfirmasi bahwa akun mereka telah dipulihkan.



Insiden ini menandai langkah membingungkan terbaru terkait pemilik WhatsApp, Facebook Inc yang membuat para pengguna warga Palestina atau sekutunya bingung mengapa mereka menjadi sasaran perusahaan itu, atau apakah mereka memang disensor sama sekali.



Dua belas dari 17 jurnalis yang dihubungi AP mengatakan mereka pernah menjadi bagian dari grup WhatsApp yang menyebarkan informasi terkait operasi militer Hamas.

Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, dipandang sebagai organisasi teroris oleh Israel dan Amerika Serikat (AS), tempat pemilik WhatsApp, Facebook bermarkas.

Tidak jelas apakah para jurnalis tersebut menjadi sasaran karena mereka telah mengikuti pengumuman Hamas di WhatsApp.

Hamas menjalankan Kementerian Kesehatan Gaza, yang memiliki grup WhatsApp yang diikuti lebih dari 80 orang, banyak dari mereka adalah jurnalis. Grup itu, misalnya, belum diblokir.

Hassan Slaieh, seorang jurnalis lepas di Gaza yang akun WhatsAppnya diblokir, mengatakan dia mengira akunnya mungkin telah menjadi target karena dia berada di grup bernama Hamas Media.

“Ini telah memengaruhi pekerjaan dan penghasilan saya karena saya kehilangan percakapan dengan para sumber dan orang-orang,” ujar Slaieh.

Kepala koresponden Al Jazeera di Gaza, Wael al-Dahdouh, mengatakan aksesnya ke WhatsApp diblokir sekitar fajar pada Jumat sebelum diaktifkan kembali pada Senin.

Dia mengatakan wartawan bergabung grup Hamas hanya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan jurnalistik.

Seorang juru bicara WhatsApp mengatakan perusahaan melarang akun-akun untuk mematuhi kebijakannya "untuk mencegah bahaya serta hukum yang berlaku."

Perusahaan tersebut mengatakan telah menghubungi outlet media selama sepekan terakhir tentang praktiknya. "Kami akan mempekerjakan kembali para jurnalis jika ada yang terkena dampak," ungkap perusahaan itu.

Al Jazeera mengatakan ketika mencari informasi mengenai empat jurnalisnya di Gaza yang terkena dampak pemblokiran, mereka diberitahu Facebook bahwa perusahaan telah memblokir sejumlah grup yang berbasis di Gaza dan akibatnya nomor ponsel jurnalis Al Jazeera yang menjadi bagian dari grup itu diblokir.

Di antara mereka yang terkena dampak pemblokiran WhatsApp adalah dua jurnalis Agence France-Presse (AFP).

Layanan berita internasional yang berbasis di Paris itu mengatakan kepada AP bahwa mereka bekerja dengan WhatsApp untuk memahami apa masalahnya dan memulihkan akun mereka.

Serangan Israel selama 11 hari di Gaza menyebabkan kehancuran yang meluas di seluruh Gaza dengan 248 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak dan 39 wanita, tewas dalam pertempuran itu.

Israel mengatakan 12 orang di Israel, termasuk dua anak, juga tewas.

Ini bukan pertama kalinya para jurnalis tiba-tiba dilarang mengakses WhatsApp. Pada 2019, sejumlah jurnalis di Gaza diblokir akunnya tanpa penjelasan. Akun mereka yang bekerja dengan organisasi media internasional dipulihkan setelah menghubungi perusahaan.

Facebook dan platform berbagi foto dan videonya, Instagram, dikritik bulan ini karena menghapus postingan dan akun pengguna yang memposting tentang protes terhadap upaya Israel mengusir warga Palestina dari rumah mereka di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem timur.

Ini mendorong surat terbuka yang ditandatangani 30 organisasi yang menuntut untuk mengetahui mengapa postingan tersebut telah dihapus.

The New York Times juga melaporkan sekitar 100 grup WhatsApp digunakan ekstremis Yahudi di Israel dengan tujuan melakukan kekerasan terhadap warga Palestina di Israel.

WhatsApp mengatakan tidak memiliki akses ke konten obrolan pribadi orang, tetapi mereka melarang akun ketika informasi yang dilaporkan, mereka yakini menunjukkan pengguna mungkin terlibat aktivitas menyebabkan kerusakan yang akan segera terjadi.

Perusahaan mengatakan itu juga menanggapi "permintaan hukum yang sah dari penegak hukum untuk informasi terbatas yang tersedia untuk kami."

Pusat Arab untuk Kemajuan Media Sosial, atau 7amleh, mengatakan dalam laporan yang diterbitkan bulan ini bahwa Facebook menerima 81% permintaan yang dibuat oleh Unit Cyber Israel untuk menghapus konten Palestina tahun lalu.

Diketahui bahwa pada 2020, Twitter menangguhkan puluhan akun pengguna Palestina berdasarkan informasi dari Kementerian Urusan Strategis Israel.

Al-Dahdouh, koresponden Al Jazeera, mengatakan meskipun akunnya telah dipulihkan, riwayat obrolan dan pesan masa lalunya telah dihapus.

“Grup dan percakapan sudah kembali, tetapi konten dihapus, seolah-olah Anda bergabung dengan grup baru atau memulai percakapan baru. Saya kehilangan informasi, gambar, nomor, pesan, dan komunikasi," ujar dia.

Al Jazeera mengatakan jurnalisnya di Gaza memiliki akun WhatsApp mereka dikunci tanpa pemberitahuan sebelumnya.

"Al Jazeera ingin menekankan bahwa para jurnalisnya akan terus menggunakan akun WhatsApp mereka dan aplikasi lain untuk tujuan pengumpulan berita dan komunikasi pribadi," ungkap jaringan berita itu kepada AP.

"Jangan pernah, biarkan jurnalis Al Jazeera menggunakan akun mereka untuk tujuan apa pun selain untuk penggunaan pribadi atau professional," papar Al Jazeera.

Kantor jaringan berita Al Jazeera di Gaza dihancurkan selama perang oleh serangan udara Israel yang merobohkan perumahan dan menara perkantoran bertingkat tinggi, yang juga menampung kantor The Associated Press.

Kelompok kebebasan pers menuduh militer Israel mencoba menyensor liputan serangan Israel. Zionis mengklaim gedung itu menampung intelijen militer Hamas.

Militer Israel menelepon pemilik gedung untuk memberi peringatan, memberi penghuni gedung waktu hanya satu jam untuk mengungsi.

Sada Social, lembaga di Tepi Barat yang melacak dugaan pelanggaran terhadap konten Palestina di media sosial, mengatakan pihaknya mengumpulkan informasi tentang jumlah jurnalis yang berbasis di Gaza yang terkena dampak keputusan WhatsApp terbaru.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)