Diskriminatif, WhatsApp Blokir Akun Para Jurnalis di Jalur Gaza

Selasa, 25 Mei 2021 - 10:43 WIB
loading...
Diskriminatif, WhatsApp Blokir Akun Para Jurnalis di Jalur Gaza
Logo WhatsApp dan Facebook. Foto/REUTERS
A A A
JALUR GAZA - Beberapa jam setelah gencatan senjata terbaru berlaku di Jalur Gaza , sejumlah jurnalis Palestina di sana menemukan bahwa mereka diblokir untuk mengakses WhatsApp.

Pemblokiran ini tentu sangat mengganggu karena WhatsApp telah jadi alat penting yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sejumlah sumber, editor, dan dunia di luar blokade Jalur Gaza.

Associated Press (AP) menghubungi 17 jurnalis di Gaza yang mengonfirmasi akun Whatsapp mereka telah diblokir sejak Jumat.



Hingga Senin tengah hari, hanya empat jurnalis yang bekerja untuk Al Jazeera, mengonfirmasi bahwa akun mereka telah dipulihkan.



Insiden ini menandai langkah membingungkan terbaru terkait pemilik WhatsApp, Facebook Inc yang membuat para pengguna warga Palestina atau sekutunya bingung mengapa mereka menjadi sasaran perusahaan itu, atau apakah mereka memang disensor sama sekali.



Dua belas dari 17 jurnalis yang dihubungi AP mengatakan mereka pernah menjadi bagian dari grup WhatsApp yang menyebarkan informasi terkait operasi militer Hamas.

Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, dipandang sebagai organisasi teroris oleh Israel dan Amerika Serikat (AS), tempat pemilik WhatsApp, Facebook bermarkas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)