Kesepakatan Berakhir, IAEA Tak Bisa Lagi Monitor Situs Nuklir Iran

Senin, 24 Mei 2021 - 02:51 WIB
loading...
Kesepakatan Berakhir, IAEA Tak Bisa Lagi Monitor Situs Nuklir Iran
Iran menuturkan, kesepakatan dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah berakhir, yang berarti IAEA tidak bisa lagi memantau situs nuklir Iran. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran menuturkan, kesepakatan dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah berakhir. Ini berarti IAEA tidak bisa lagi memantau situs nuklir Iran.

Iran dan IAEA pada awal tahun mencapai kesepakatan, yang memiliki durasi tiga bulan, agar badan PBB itu bisa terus mendapatkan akses ke situs nuklir Iran. Kesepakatan dibuat saat Iran mulai terus mengurangi komitmennya atas kesepakatan nuklir 2015.

Juru bicara Parlemen Iran, Mohammad Baqer Qalibaf menuturkan, dengan berakhirnya kesepakatan ini, IAEA tidak akan lagi mendapatkan akses gambar ke situs-situs nuklir Iran.

"Mulai 22 Mei dan dengan berakhirnya perjanjian tiga bulan, badan tersebut tidak akan memiliki akses ke data yang dikumpulkan oleh kamera di dalam fasilitas nuklir yang disepakati berdasarkan perjanjian tersebut," kata Qalibaf, seperti dilansir Reuters pada Senin (24/5/2021).

Namun, TV pemerintah Iran mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan, menuturkan bahwaperjanjian antara badan tersebut dan Teheran dapat diperpanjang "secara bersyarat" selama sebulan.

Sementara itu, IAEA menuturkan bahwa Sekretaris Jenderal IAEA, Rafael Gross sedang melakukan pembicaraan dengan Iran tentang perpanjangan pengaturan pemantauan. Baca juga: Rouhani: Respons Kuat Gaza Terhadap Zionis Adalah Kemenangan Besar

IAEA menuturkan, ada atau tidaknya perpanjangan perjanjian itudapat berdampak pada negosiasi antara Teheran dan enam kekuatan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)