Pemimpin Boko Haram Tewas Bunuh Diri Saat Dikepung ISIS, AS Gelar Penyelidikan

Minggu, 23 Mei 2021 - 15:33 WIB
loading...
Pemimpin Boko Haram Tewas Bunuh Diri Saat Dikepung ISIS, AS Gelar Penyelidikan
AS belum mengumumkan kematian pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, dan melakukan penyelidikan terkait kabar tersebut. Foto/France24
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) belum mengumumkan kematian pemimpin kelompok teroris Nigeria Boko Haram , meskipun ada laporan tentang kematiannya.

"Amerika Serikat belum dapat secara independen memverifikasi laporan-laporan ini dan terus memantau situasinya," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih ketika ditanya tentang nasib pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau seperti dikutip dari VOA, Minggu (23/5/2021).

Secara terpisah seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan pihaknya juga sedang bekerja untuk mengkonfirmasi laporan tersebut, mencatat bahwa jika benar, kematian salah satu teroris paling kejam dalam sejarah Afrika akan menjadi perkembangan positif.

Tetapi pejabat itu memperingatkan bahwa kematian Shekau saja tidak akan menjadi alasan untuk bersukacita.



"Bahkan jika Shekau telah terbunuh, terorisme tetap menjadi ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu," kata juru bicara itu kepada VOA.

"Boko Haram bukan satu-satunya kelompok teroris yang beroperasi di daerah itu," imbuhnya.

Laporan bahwa Shekau tewas pertama kali muncul di media sosial awal pekan ini. Laporan itu mengatakan bahwa dia tewas selama konfrontasi dengan pejuang dari kelompok teror Negara Islam-Afrika Barat yang bersaing di Hutan Sambisa di timur laut Nigeria, yang dikenal sebagai basis operasi Shekau.

Beberapa akun mengatakan Shekau bunuh diri, baik dengan menembak dirinya sendiri atau dengan meledakkan rompi bunuh diri setelah dia ditangkap dan disuruh berjanji setia kepada kelompok teror ISIS.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2140 seconds (0.1#10.140)